kievskiy.org

Pantau Gunung Agung, Basarnas Sebar Pos

RASA aman dan nyaman adalah bagian penting dalam pariwisata. Kesadaran itu secara “incorporated” semakin dirasakan oleh semua unsur dalam stakeholder negara.

Salah satunya, Basarnas yang non stop mengawasi dan mengawal semua titik-titik penting untuk menjaga safety. Kepolisian RI juga makin concern mengamankan semua titik penting di destinasi wisata. Bahkan ada Polisi Pariwisata di banyak tempat di objek wisata penting.

Termasuk di tengah kondisi aktivitas vulkanik Gunung Agung  saat ini. Bali dengan destinasinya betul dijaga tetap aman. Safety dan security terus dijaga.

Salah satunya ditunjukkan Basarnas yang sudah menyiapkan dan menyebar tim di berbagai titik strategis. Hal ini semakin menambah kepercayaan diri masyarakat serta wisatawan untuk berwisata ke Bali, dan Indonesia secara keseluruhan. 

Kepala Pusat Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kesiapsiagaan dipersiapkan dengan baik oleh tim search and rescue yang telah dipersiapkan di beberapa titik strategis. 

 “Kesiapsiagaan personel di lapangan tetap tinggi, semua kami lakukan dengan standard profesional," ujar Sutopo. 

Badan Nasional Pencarian atau biasa dikenal sebagai Basarnas, ujar Sutopo, sebagai komando operasi telah mendirikan pos. Pos ini merupakan pos yang terdekat dengan kawasan berbahaya dan terletak di titik yang sudah diperhitungkan secara matang response time untuk evakuasi. 

Basarnas dan mitra kerja lain sebagai tim SAR Gabungan diantaranya mendirikan pos aju di empat titik. Yaitu di Rendang, Selat, dan Jasri yang ada di Kabupaten Karangasem. Sementara satu pos lainnya, Les berada di Kabupaten Buleleng. 

Pos aju ini berkekuatan antara 30 hingga 50 personel tim SAR gabungan. Selain berkekuatan personel, mereka juga dilengkapi armada dan perlengkapan evakuasi seperti ATV, truk dan tandu. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat