kievskiy.org

Optimis Jadikan Pariwisata sebagai Leading Sector Pertumbuhan Ekonomi

JAKARTA, (PR).- Penuh semangat dan optimisme tinggi. Dua semangat itulah yang tergambar dalam suasana Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata ke-IV tahun 2017 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata. 

Semangat menjadikan pariwisata sebagai leading sector ekonomi bangsa. Spirit menjadikan Indonesia menjadi negara yang terbaik di industri periwisata. Dan optimismenya, tergambar dari hadirnya seluruh stakeholder pariwisata yang hadir. Menyongsong jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta di tahun 2018. 

"Presiden Jokowi sudah menetapkan target kunjungan 20 juta wisman di tahun 2019. Kami terus mendukung dari sisi akses. Menpar pun telah menunjukkan hal itu. Kerja yang nyata, konkret. Koordinasi yang bagus akan menghasilkan hal yang baik pula," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Samadi yang hadir dalam Rakornas yang digelar di The Hall, Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Ucapan Menhub Budi Karya begitu optimis, jika bekerja sama, pariwisata Indonesia akan kuat. Bandara Internasional Soekarno Hatta (AP2) dan Bandara Ngurah Rai Bali (AP1) bisa menjadi hub airport untuk wisman. “Kami terus mendorong ada hub dan sub hub ke destinasi wisata lain,” jelas Budi Karya. 

Dia juga meyakini, pariwisata Indonesia semakin dikenal. Indonesia yang semakin menunjukkan "tajinya" di dunia. Karena potensi pariwisata Indonesia harus diseriusi. 

Semangat optimisme itu juga tergambar saat Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan penandatanganan komitmen bersama Asosiasi Industri Pariwisata. Begitu juga dengan sejumlah brand nasional dan produk milik artis yang co-branding dengan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. 

"Incorporated, saling mempromosikan, saling meng-endors. Sama-sama bertekat mewujudkan target," kata Menpar Arief Yahya. 

Leading sector

Menpar mengatakan, semangat bersama memang sudah menjadi hal yang harus dilakukan. Sebagai rapat pamungkas di tahun ini, Kemenpar akan menyempurnakan semangat Indonesia Incorporated itu dalam tema "Visit Wonderful Indonesia (VIWI) 2018".  Menyempurnakan berbagai ide maupun strategi-strategi jitu guna mendatangkan target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2018. 

Menpar menegaskan, bahwa pariwisata oleh Presiden Joko Widodo telah ditetapkan sebagai leading sector perekonomian bangsa. Karena itu begitu telah ditetapkan, seluruh kementerian/lembaga harus dapat mendukung keberadaan pariwisata dengan baik. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat