kievskiy.org

Semangat Inovasi Sukseskan KAI Dorong Kemajuan Negeri

KERETA api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat, 14 September 2018.*
KERETA api memasuki Stasiun Bandung, Jawa Barat, Jumat, 14 September 2018.*

PADA 28 September 2018, Indonesia merayakan HUT ke-73 Kereta Api. Menyambut hari monumental ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai BUMN operator perkeretaapian di Indonesia menetapkan tema "Inovasi KAI wujud BUMN Hadir untuk Negeri" dalam rangkaian perayaannya.

Sebagai perusahaan yang sudah makan asam garam dan jatuh bangun, KAI yang sudah melayani seusia negeri ini telah menjadikan inovasi sebagai pijakan untuk maju dan melesat hingga saat ini. Diawali dengan komitmen dan semangat untuk menjadi pelayan publik yang service oriented, KAI terus melahirkan inovasi dan pembaruan di seluruh lini pelayanannya.

"Dalam 5 tahun ini, inovasi yang KAI hadirkan tak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang menjadi sumber inspirasi peningkatan pelayanan dalam berbagai aspek. KAI menggali berbagai potensi pelayanan dengan harapan dapat memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan harapan penumpang," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Sebut saja seperti kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses pembelian tiket dengan mudah telah mendorong berbagai kemajuan dalam sistem ticketing KAI. Pembelian tiket KA kini dapat dilakukan dalam berbagai cara yang mudah. Website kai.id, aplikasi KAI Access, vending machine, dan Contact Center KAI 121 serta mitra resmi lainnya menjadi inovasi yang mempermudah masyarakat untuk membeli tiket KA.

Setelah itu, kenyamanan dan ketertiban menjadi kebutuhan penumpang yang selanjutnya memotivasi KAI. Maka kini KAI telah memberlakukan sistem check-in dan boarding pass. Sistem ini berfungsi untuk mengakurasi manifest penumpang yang benar-benar akan berangkat serta membuat pengaturan penumpang lebih tertata dan tertib.

Sistem ini pun membuat penumpang lebih nyaman karena hanya penumpang bertiket yang datanya telah sesuai dengan jadwal 1 jam sebelum keberangkatan yang diperbolehkan boarding dan masuk ke peron.

KAI juga telah menghadirkan e-boarding pass pada aplikasi KAI Access versi terbaru. E-boarding pass merupakan fasilitas yang dapat digunakan jika penumpang membeli tiket melalui aplikasi KAI Access.

E-boarding pass akan muncul 2 jam sebelum keberangkatan dan memudahkan penumpang sehingga tidak perlu mengantre lagi di check-in counter. Penumpang dapat langsung menuju boarding gate dan menunjukkan e-boarding pass barcode pada aplikasi KAI Access di gadget saja.

Terbaru, tepat pada HUT ke-73 KA yakni 28 September 2018, KAI meluncurkan fitur Online Cancelation dan Online Reschedule pada aplikasi KAI Access. Layanan ini untuk memudahkan pengguna jasa KA yang membeli tiket secara online melalui KAI Access untuk dapat melakukan pembatalan atau penggantian jadwal KA langsung dari aplikasi pada smartphone masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat