kievskiy.org

Baru Satu Bus Bandros Per Koridor

BANDUNG, (PR).- Bus Bandros (Bandung Tour on Bus) yang disediakan bagi jalur wisata baru direncanakan hanya satu unit per koridor. Bus Bandros akan lebih mengedepankan estimasi waktu kedatangan bus di setiap halte sebagai jaminan bagi calon penumpang.

"Waktu tempuh diperkirakan satu hingga dua jam per perjalanan kembali ke halte. Harus ada rencana kepastian jam, karena kita mau tahu waktu tempuh agar nanti bus bisa on time. Harus berangkat sesuai waktu yang ditetapkan," ujar Dudi Prayudi, Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung. Ia ditemui di Bandung, Senin 22 Januari 2018.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Bandung telah memiliki 12 bus Bandros baru hasil dari APBD senilai Rp 12,4 miliar. Bus tambahan itu melengkapi 6 bus hasil CSR yang telah dimiliki sebelumnya. 

Dari 12 bus Bandros baru, rencana awal rintisan bus untuk lima rute wisata ini hanya digunakan 5 bus, atau masing-masing 1 unit per koridor. Pemkot Bandung menyiapkan 2 unit untuk VIP dan 1 cadangan. Sementara 4 bus baru bergabung dengan 6 bus lama untuk wisata sistem sewa bus.

Dudi menuturkan, uji waktu tempuh dan pengecekan kondisi lalu lintas kota akan dilakukan Selasa 23 Januari 2018. Akan ada proses evaluasi secara terbuka untuk menambah bus untuk melengkapi armada dalam satu koridor.

Alasan penambahan 12 bus Bandros baru itu untuk mengurangi antrean dalam sistem sewa. Permintaan wisata dengan bus dengan konstruksi trem lawas itu cukup tinggi.

"Tidak menutup kemungkinan yang sewa (4 bus) dimasukkan ke reguler (jalur wisata)," katanya.

BANDUNG Tour on Bus atau Bandros kini hadir berwarna-warni. Pemkot Bandung memperkenalkan 12 bus baru yang semuanya dibuat dengan menggunakan APBD senilai Rp 12,4 miliar.. . Warna bus Bandros ini menandakan rute yang akan dilewati. Bandros berwarna biru akan berkeliling dari Alun-alun Bandung, menuju Cibaduyut, Taman Leuwi Panjang, Museum Sri Baduga, Alun-alun Regol, dan Kawasan Buah Batu. Sedangkan Bandros kuning akan melewati rute Lapangan Gasibu, menuju Taman Cibeunying, Taman Superhero, Taman Foto, Gedung Merdeka, Alun-alun Bandung, dan Braga. . Sementara itu, Bandros ungu akan melalui jalan-jalan di rute Gasibu, menuju Taman Cikapayang, Alun-alun Ujungberung, Museum Geologi, dan Pusdai. Lain lagi dengan rute Bandros hijau yang akan membawa wisatawan melewati Chinatown, menuju Pasir Kaliki, Alun-alun Cicendo, Karang Setra, UPI, dan GOR Padjadjaran. . Ada pula Bandros merah muda yang akan melewati Gasibu, menuju Taman Pasupati (Taman Jomblo), Teras Cikapayang, Teras Cihampelas, hingga Taman Budaya. . Sementara Bandros hitam khusus untuk tamu VIP yang datang ke Kota Bandung. . Bus Bandros tersebut diperuntukkan terutama bagi wisatawan yang datang dari luar Bandung. Dengan begitu, diharapkan para wisatawan tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk keliling Bandung. . Bandros baru ini akan beroperasi mulai Februari 2018. Dishub akan menetapkan dua jenis tarif, yakni tarif sekali jalan dan paket seharian (one day pass). Tarif sekali jalan akan berkisar antara Rp 10.000-Rp15.000, sedangkan paket seharian akan dikenakan tarif antara Rp25.000-Rp50.000.*** . Ade Bayu Indra @adebayuindra . #bandrosbandung #bandros #pikiranrakyat #bandung #wisata #wisatabandung #bandungtouronbus

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pikiran Rakyat (@pikiranrakyat) pada

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat