kievskiy.org

Berbahan Limbah Kayu, Lukisan Siluet dari Bandung Barat Ini Mendunia

Rohimat Hermawan dan karya-karya siluetnya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018/CECEP WIJAYA/PR
Rohimat Hermawan dan karya-karya siluetnya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018/CECEP WIJAYA/PR

LIMBAH kayu bagi kebanyakan orang mungkin saja tak ada gunanya. Namun, bagi Rohimat Hermawan (64), barang rongsokan itu justru bisa menjadi karya seni bernilai jutaan rupiah.

Warga Kampung Caringin, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat ini menyulap limbah kayu menjadi gambar siluet nan artistik. Sejumlah tokoh nasional hingga dunia pernah dibuatnya menjadi karya siluet berbahan triplek.

"Bahan-bahan yang diperlukan mudah dan murah sebab memanfaatkan limbah dari pabrik di sekitar rumah saya," ujarnya saat memamerkan karyanya di Padalarang, Rabu 14 Februari 2018.

Bakat seninya sudah muncul sejak Rohimat masih remaja. Namun, ia mulai menekuni karya siluet sejak dua tahun terakhir secara otodidak disertai keinginannya untuk memanfaatkan limbah.

Tokoh-tokoh yang pernah dibuat siluet oleh Rohimat di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Proklamator Soekarno-Hatta, Bruce Lee, Michael Jackson, dan juga Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Rohimat juga bisa membuat siluet foto-foto pribadi sesuai dengan permintaan.

Menginspirasi

Rohimat mengaku tertarik membuat siluet tokoh-tokoh terkenal yang menginspirasi banyak orang. Bahkan, dia pun berencana membuat karya siluet tokoh perintis Pikiran Rakyat, Atang Ruswita. "Namun, saya belum dapat foto yang pas, sebab foto-foto beliau yang beredar di internet kurang bagus," ucap pria berkacamata ini.

Untuk membuat karya siluetnya, Rohimat mula-mula menyiapkan limbah kayu kemudian menghaluskannya. Media kayu biasanya berbentuk lingkaran berukuran 36-40 cm ataupun persegi panjang 50x70 cm persegi.

"Sebelum dibuat siluet, dibutuhkan foto objeknya dulu untuk kemudian diedit menggunakan komputer. Lalu hasilnya ditempel ke media kayu, baru kemudian diukir membentuk siluet," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat