kievskiy.org

Bayar di Mesin Parkir Berhadiah Sepeda

BANDUNG, (PR).- Sistem pembayaran parkir elektronik masih belum banyak dilirik publik. Perolehan dari hasil transaksi pembayaran parkir nontunai masih kurang dari Rp 450 juta per bulan.

Meskipun telah menggelar sejumlah kegiatan sosialisasi, Dinas Perhubungan Kota Bandung mengakui jika dampak terhadap pemanfaatan mesin parkir elektronik masih kurang. Kali ini, Dishub Kota Bandung mencoba merangsang penggunaan mesin parkir elektronik dengan Aplikasi Loyalitas Pelanggan (Silope).   

“Kalau masih ada juru parkir yang nakal mengatakan bahwa mesin itu rusak, (dengan Silope) kami berharap ada masyarakat yang menolak, karena mau ngejar poin,” ujar Kadishub Kota Bandung Didi Ruswandi, saat meluncurkan Silope, di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Rabu,25 Juli 2018.

Dengan Silope, Dishub Kota Bandung berusaha menarik minat pengguna parkir tepi jalan agar membayar retribusi langsung ke kas daerah. Jika masyarakat mengharapkan integritas Pemerintah Kota Bandung, kata Didi, transaksi melalui mesin parkir menjadi salah satu cara untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas.

“Ini penting. Kalau masih ada transaksi tunai, kan ada jeda dari jukir setor ke mandor, mandor setor ke kas dishub, kas dishub ke kas daerah. Tahapan di satu sisi ada kemungkinan tercecer, boleh jadi, ya, kita tidak menafikan bahwa semua manusia itu jujur, ya. Nah, kalau sekarang dengan tapping (menggunakan mesin parkir), sudah selesai, sudah langsung ke kas,” ujarnya.

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Asep kurnia menjelaskan, saat ini di Kota Bandung telah terpasang 445 mesin di 57 ruas jalan. Akan tetapi, pada saat implementasinya sistem pembayaran dengan kartu bayar elektronik ini masih kurang efektif.

“Melihat PAD masih cukup rendah karena motivasi masyarakat masih rendah. Masih kurang sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat masih banyak yang belum tahu cara menggunakan mesin parkir. Masih dianggap ribet, padahal mudah,” ujarnya.

Saat ini, Dishub Kota Bandung membuat aplikasi Silope. Aplikasi ini mendorong pengguna parkir tepi jalan menggunakan mesin parkir, sebagai apresiasi kepada pengguna setia. Setiap transaksi akan menjadi poin untuk kesempatan mendapat hadiah sepeda bantuan Bank BJB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat