kievskiy.org

Kemenag Tertarik Asrama Haji Dibangun di BIJB

PEMBANGUNAN Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, sudah mencapai 80 persen.*
PEMBANGUNAN Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, sudah mencapai 80 persen.*

BANDUNG,(PR).- PT BIJB merencanakan akan membangun asrama haji di kawasan Aerocity BIJB. Hal itu seiring dengan ketertarikan pihak Kementrian Agama terhadap lokasi di Aerocity BIJB yang dinilai cocok sebagai lokasi asrama.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, sudah ada beberapa daerah yang mengajukan agar pembangunan asrama haji dilakukan di wilayah mereka. Namun, Kemenag sudah menyatakan ketertarikan mereka agar asrama haji dibangun di Aerocity BIJB.

"Minggu lalu (ketika pelepasan jamaah umrah), Kemenag survei ke Kertajati ingin lihat, ternyata mereka lebih tertarik di kita. Bentuknya ya hotel, ini langsung bentuknya kayak hotel bintang 3. Lahan yang disiapkan 17 hektare (ha), posisinya sebelah selatan bandara, dan itu di luar apartemen," ujar Virda pada wartawan di Gedung Sate, Jumat, 18 Oktober 2018. 

Menurut Virda, lahan yang dibutuhkan untuk membangun asrama haji tersebut seluas 17 ha. Luasan tersebut termasuk pada 160 ha luas Areocity.

“Lahan sudah siap walaupun belum 100 persen, saat ini 80 persen sudah dibebaskan tinggal sedikit lagi,” ucapnya.

Saat ini, tutur Virda, yang dibutuhkan untuk asrama adalah mematangkan desain dan konsep bisnis. 

"Jadi nanti pas lagi haji, kemarin pak dirjen sudah ngomong, Kemenag akan sewa selama haji saja di luar haji kita akan operasikan untuk umroh, edukasi, macam-macam, jadi area komersil.

Kita juga mau tawarkan ke pihak yang mau bergabung mendesainnya,"ujar dia.

Terkait dengan biayanya, Virda mengatakan, pihaknya sudah memiliki gambaran, yaitu sekitar Rp 100 miliar untuk 200 kamar dengan tanahnya dan juga aksesnya. Menurutnya, rencana tersebut sudah disampaikan pada gubernur waktu pelepasan umroh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat