kievskiy.org

Pendaftaran PKD Pilkada 2024 akan Diperpanjang, Bawaslu Kabupaten Bandung Butuh 280 Orang

Ilustrasi Pilkada 2024.
Ilustrasi Pilkada 2024. /Antara/Andreas Fitri Atmoko

PIKIRAN RAKYAT - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung akan memperpanjang waktu pendaftaran anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa/Kelurahan untuk Pilkada 2024. Pasalnya, hingga tengat akhir kuota pendaftar masih belum mencapai target.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bandung Kahpiana mengatakan bahwa pendaftaran Panwaslu Desa/Kelurahan (PKD) dilaksanakan pada 18-21 Mei 2024. Bersamaan dengan itu, Bawaslu juga melakukan penelitian dan verifikasi berkas administrasi para pendaftar.

Akan tetapi, hingga pendaftaran ditutup pada pukul 17.00 WIB, jumlah pendaftar belum memenuhi jumlah minimum, yakni dua kali dari kebutuhan. Sementara kebutuhan PKD di 31 kecamatan ialah sebanyak 280 orang, yang akan bertugas di 270 desa dan 10 kelurahan.

"Ketentuannya itu jumlah minimum pendaftar dua kali kebutuhan, atau dua pendaftar per desa/kelurahan. Di sejumlah desa/kelurahan itu belum terpenuhi, demikian pula dengan kuota perempuan, jadi kemungkinan akan diperpanjang," kata Kahpiana pada Selasa 21 Mei 2024.

Perpanjangan masa pendaftaran PKD akan dilakukan pada desa/kelurahan yang masih kurang jumlah pendaftaranya. Sementara pendaftaran PKD untuk desa/kelurahan yang sudah ada minimal dua pendaftar di masing-masing desa/kelurahan, dilakukan untuk pendaftar perempuan.

"Pendaftar yang masuk ada 300-an, sedangkan kalau dua kali kebutuhan itu kan berarti minimal harus ada 560 orang yang mendaftar. Jadi perpanjangan waktu pendaftaran dilakukan untuk memenuhi jumlah itu, termasuk kuota 30 persen perempuan dari total pendaftar," katanya.

Persentase pendaftar

Menurut dia, sejauh ini persentase pendaftar perempuan masih terbilang kecil, karena perempuan cenderung lebih sibuk mengurus rumah tangga dan minim partisipasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi. Meski begitu, Bawaslu terus mendorong keterlibatan perempuan.

Lebih lanjut, Kahpiana menyampaikan bahwa perpanjangan masa pendaftaran PKD sekaligus penelitian dan verifikasi berkas administrasi para pendaftar akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 22-24 Mei 2024. Adapun pengumuman hasilnya ialah pada 25 Mei 2024.

Bawaslu kemudian akan meminta tanggapan dan masukan masyarakat terhadap para pendaftar, lalu melaksanakan tes wawancara dengan para calon anggota PKD. Adapun pleno penetapan calon anggota PKD direncanakan pada 30 Mei 2024, sedangkan pelantikannya sekitar 1-2 Juni 2024.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat