kievskiy.org

Koalisi Alus Pisan Berpotensi Jegal Petahana, Dadang Supriatna: Situasinya Masih Dinamis

Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama jajaran OPD Kab Bandung melaksanakan Rembug Bedas di 3 desa sekaligus di Kecamatan Pengalengan, Selasa, 11 Juni 2024.
Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama jajaran OPD Kab Bandung melaksanakan Rembug Bedas di 3 desa sekaligus di Kecamatan Pengalengan, Selasa, 11 Juni 2024. /dok. Pemkab Bandung

SOREANG, PIKIRAN RAKYAT - Bupati Bandung, Dadang Supriatna, mengungkapkan bahwa koalisi Alus Pisan yang digagas oleh Partai Golkar, PKS, dan PDI Perjuangan dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Bandung 2024 masih memiliki kemungkinan untuk berubah. Menurutnya, konstelasi politik di Kabupaten Bandung saat ini masih sangat dinamis.

"Saat ini situasinya masih dinamis. Saya belum bisa memastikan siapa yang akan mendampingi saya atau siapa yang akan menjadi lawan dalam Pilkada 2024. Kita tunggu saja secara resmi setelah pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU)," ujar Dadang di Cileunyi.

Ia juga menambahkan bahwa komunikasi politik masih terus dilakukan dengan seluruh partai di Kabupaten Bandung, termasuk dengan tiga partai yang tergabung dalam koalisi Alus Pisan. Oleh karena itu, keputusan mengenai koalisi di Pilkada Kabupaten Bandung 2024 masih bisa berubah.

"Dinamika politik saat ini memungkinkan kami untuk terus berkomunikasi secara politis dan tentunya masih bisa berubah kapan pun," jelas Dadang, yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung.

Dadang menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung 2024 yang kondusif dan sukses. Ia juga mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk berpartisipasi dalam pilkada, tanpa memandang siapa yang menjadi calon bupati atau wakil bupati.

"Mari kita sukseskan Pilkada 2024. Siapapun yang akan maju dalam kontestasi, mari kita dukung bersama agar pilkada serentak ini berjalan sesuai rencana, dengan damai dan penuh kegembiraan," tuturnya.

Duet Gunawan Berpotensi Lawan Petahana

Di sisi lain, Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan dan mantan Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan membuka peluang untuk berpasangan dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2024. Duet Gunawan akan berpotensi menjadi lawan Dadang sebagai calon bupati petahana.

Sahrul adalah kader Golkar, sedangkan Gun Gun adalah Ketua DPD PKS Kabupaten Bandung yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung periode 2016-2021. Keduanya santer dikabarkan akan maju dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2024 meski ada kandidat lain yang menjadi saingan dalam koalisi Alus Pisan.

Sahrul mengakui bahwa sebagian masyarakat menginginkannya maju dalam pilkada bersama Gun Gun. Wacana tersebut sudah muncul sejak Pilkada Kabupaten Bandung 2020, meski akhirnya gagal terealisasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat