kievskiy.org

Hati-hati! Mencampur AHA dan BHA dengan Retinol Justru Bisa Merusak Kulit

Ilustrasi skincare.
Ilustrasi skincare. /Pexels/Shiny Diamond

PIKIRAN RAKYAT - Eksfoliasi kimiawi dengan AHA/BHA dan penggunaan retinol akhir-akhir ini menjadi primadona dalam perawatan kulit. Keduanya sama-sama menawarkan segudang manfaat untuk kulit wajah. Namun, tahukah Anda bahwa mencampurkan AHA/BHA dengan retinol dalam satu waktu sebaiknya dihindari?

Mengapa Mencampur Keduanya Tidak Dianjurkan?

Meski sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kulit, AHA/BHA dan retinol bekerja dengan cara yang berbeda dan memiliki efek yang cukup kuat. Mencampur keduanya bisa berakibat negatif, antara lain:

  • Iritasi dan Kering Ekstrem: Baik AHA/BHA maupun retinol sama-sama bersifat eksfoliasi dan meningkatkan pergantian sel kulit. Digunakan bersamaan, keduanya bisa membuat kulit menjadi terlalu terkelupas, kering, bahkan iritasi.
  • Gangguan Barrier Kulit: Kulit memiliki lapisan pelindung alami yang disebut skin barrier. Penggunaan berlebihan AHA/BHA dan retinol bisa merusak lapisan ini, membuat kulit rentan terhadap infeksi dan iritasi eksternal.
  • Sensitivitas Terhadap Matahari: AHA/BHA dan retinol sama-sama dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Menggunakan keduanya bersamaan bisa membuat kulit lebih mudah terbakar dan mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

Solusinya?

Jika Anda ingin menggunakan AHA/BHA dan retinol dalam rutinitas perawatan kulit, sebaiknya gunakan keduanya secara terpisah. Berikut beberapa tips aman menggunakan AHA/BHA dan retinol:

  • Gunakan di malam hari: Karena keduanya dapat meningkatkan sensitivitas terhadap matahari, sebaiknya gunakan produk AHA/BHA dan retinol di malam hari sebelum tidur.
  • Gunakan secara bergantian: Atur jadwal penggunaan AHA/BHA dan retinol dalam rutinitas Anda. Misalnya, gunakan AHA/BHA 2-3 kali seminggu di malam hari dan retinol di malam hari yang berbeda.
  • Mulai dengan konsentrasi rendah: Jika baru pertama kali menggunakan AHA/BHA atau retinol, mulailah dengan konsentrasi yang rendah dan secara bertahap tingkatkan sesuai toleransi kulit Anda.
  • Perhatikan kondisi kulit: Hentikan penggunaan jika kulit Anda mengalami iritasi, kemerahan, atau sensasi perih.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit: Untuk saran yang lebih personalized, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahui produk dan rutinitas perawatan kulit yang tepat sesuai kondisi kulit Anda.

AHA/BHA dan retinol adalah bahan aktif yang sangat baik untuk perawatan kulit. Namun, penggunaannya harus tepat agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

Hindari mencampurkan keduanya dalam satu waktu untuk mencegah iritasi dan kerusakan kulit. Dengan penggunaan yang bijak, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat