kievskiy.org

Alasan Sunscreen Sangat Penting Digunakan, Hati-hati Terkena Penyakit Mematikan

Ilustrasi. Sunscreen
Ilustrasi. Sunscreen /Freepik/freepik

PIKIRAN RAKYAT - Memakai sunscreen atau tabir surya mungkin tampak seperti langkah kecil dalam rutinitas perawatan kulit Anda, tetapi sebenarnya, ini adalah salah satu tindakan paling penting yang dapat Anda ambil untuk melindungi kesehatan kulit Anda.

Terlepas dari cuaca, musim, atau lokasi geografis, memakai sunscreen setiap hari memiliki banyak manfaat yang signifikan.

Berikut ini adalah beberapa alasan utama mengapa penggunaan sunscreen sangat penting.

1. Perlindungan Terhadap Sinar UV Berbahaya

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari terdiri dari dua jenis utama: UVA dan UVB. Sinar UVB bertanggung jawab atas terbakar sinar matahari dan dapat merusak lapisan luar kulit. Sinar UVA, di sisi lain, menembus lebih dalam ke dalam kulit dan berkontribusi pada penuaan dini serta risiko kanker kulit. Sunscreen dengan broad-spectrum protection mampu melindungi kulit dari kedua jenis sinar ini, sehingga membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

2. Mencegah Kanker Kulit

Kanker kulit adalah salah satu bentuk kanker yang paling umum, tetapi juga salah satu yang paling bisa dicegah. Studi menunjukkan bahwa penggunaan sunscreen secara rutin dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker kulit, termasuk melanoma, yang merupakan bentuk paling mematikan. Dengan mengaplikasikan sunscreen setiap hari, Anda menurunkan risiko ini secara signifikan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan tanpa perlindungan dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan bintik-bintik penuaan (age spots) sering kali disebabkan oleh kerusakan akibat sinar UV. Sunscreen membantu mencegah tanda-tanda ini dengan melindungi kolagen dan elastin di kulit, dua komponen yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

4. Mengurangi Risiko Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, termasuk melasma dan bintik hitam, adalah kondisi di mana bagian-bagian tertentu dari kulit menjadi lebih gelap dibandingkan kulit di sekitarnya. Ini sering disebabkan oleh paparan sinar UV yang merangsang produksi melanin yang berlebihan. Menggunakan sunscreen dapat membantu mengurangi risiko hiperpigmentasi dengan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

5. Mempertahankan Kesehatan Kulit Secara Umum

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan langsung yang disebabkan oleh sinar matahari, tetapi juga membantu mempertahankan kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulit yang terlindungi dengan baik cenderung lebih lembut, lebih halus, dan kurang rentan terhadap berbagai masalah kulit seperti kekeringan dan iritasi.

6. Penting Sepanjang Tahun

Banyak orang beranggapan bahwa sunscreen hanya diperlukan saat musim panas atau ketika mereka berada di pantai. Namun, sinar UV ada sepanjang tahun dan bisa menembus awan serta kaca. Oleh karena itu, penting untuk memakai sunscreen setiap hari, terlepas dari cuaca atau aktivitas Anda. Bahkan saat berada di dalam ruangan, jika Anda duduk dekat jendela, Anda tetap bisa terpapar sinar UVA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat