kievskiy.org

Tips Melepaskan Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

Anak sekolah.*
Anak sekolah.* /Pikiran-Rakyat.com/Eviyanti

PIKIRAN RAKYAT - Memasukkan anak ke sekolah untuk pertama kalinya adalah momen penting bagi setiap orang tua dan anak. Ini adalah langkah besar dalam perjalanan pendidikan anak yang sering kali disertai dengan berbagai perasaan, mulai dari kegembiraan hingga kecemasan.

Bagi banyak anak, ini adalah pertama kalinya mereka menghabiskan waktu jauh dari rumah dan keluarga dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu orang tua dan anak menghadapi transisi penting ini dengan lebih mudah dan lancar.

1. Persiapan Emosional

Bicarakan tentang Sekolah:

Mulailah berbicara tentang sekolah beberapa minggu sebelum hari pertama. Ceritakan tentang hal-hal menyenangkan yang akan mereka lakukan di sekolah, seperti bermain, belajar hal baru, dan bertemu teman-teman baru.

Baca Buku Tentang Sekolah:

Banyak buku anak-anak yang bercerita tentang pengalaman pertama kali masuk sekolah. Membaca buku-buku ini bersama anak dapat membantu mereka memahami apa yang diharapkan dan merasa lebih nyaman dengan perubahan tersebut.

Kunjungi Sekolah:

Jika memungkinkan, kunjungi sekolah bersama anak sebelum hari pertama. Berjalan-jalan di sekitar sekolah, mengenal ruang kelas, dan bertemu guru dapat membantu anak merasa lebih familiar dan mengurangi kecemasan.

2. Persiapan Fisik

Rutin Tidur dan Makan:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat