kievskiy.org

Brasil vs Argentina Rusuh, Pendukung Selecao Nyanyikan Chant Ejekan untuk Lionel Messi

Kerusuhan sempat terjadi di laga Brasil vs Argentina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di Stadion Maracana, Brasil, Rabu, 22 November 2023.
Kerusuhan sempat terjadi di laga Brasil vs Argentina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di Stadion Maracana, Brasil, Rabu, 22 November 2023. /RICARDO MORAES REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Suasana panas sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Argentina dan Brasil terjadi di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Brazil, pada 22 November 2023. Keributan massal pecah di tribun stadion legendaris tersebut. Argentina berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Brasil pada pertandingan yang diwarnai rivalitas panjang. Pertandingan yang dinanti-nantikan tersebut diwarnai kerusuhan para pendukung dua belah pihak.

Para pendukung kedua terlibat bentrok fisik selama menyanyikan lagu kebangsaan Brasil sebelum akhirnya polisi turun tangan untuk menenangkan situasi. Kerusuhan tersebut membuat kick off diundur setengah jam dari waktu yang seharusnya.

Dilansir Pikiran-rakyat.com dari Daily Mail, belum jelas penyebab kejadian ini, namun kedua pendukung tampak mencopot kursi stadion dan saling melempar ke arah satu sama lain. Pasukan polisi Rio de Janeiro dengan cepat berusaha untuk mengatasi keributan tersebut, namun kesulitan untuk mengendalikan massa sebelum akhirnya menggunakan tongkat pada dua pendukung yang terlibat dalam keributan.

Kursi tampak melayang dilempar para pendukung ke arah penonton di belakang salah satu gawang. Tampak satu pendukung meninggalkan stadion sambil bercucuran darah dari kepalanya, sementara dari cuplikan video kejadian yang tersebar di media sosial menunjukkan seorang pendukung berdarah-darah terbaring di atas tandu di tanah.

Baca Juga: Komisi III DPR Desak Polri Investigasi Penggunaan Gas Air Mata di Kericuhan Gresik United vs Deltras FC

Beberapa pemain dari kedua Brasil dan Argentina mendekati tribun untuk mencoba menenangkan para pendukung. Namun, kehadiran para pemain malah meperkeruh suasana, termasuk kiper Argentina, Emiliano Martinez, yang melompat menuju tribun dan mencoba merebut tongkat dari tangan seorang petugas polisi untuk menghentikan petugas memukuli penonton sebelum ditarik menjauh oleh rekan-rekannya.

Pertandingan akhirnya dimulai 22 menit setelah pertandingan seharusnya dimulai. Ketegangan pun meluas ke lapangan, Lionel Messi dan Rodrygo terlibat dalam cekcok. Di babak pertama, terjadi 22 pelanggaran (16 oleh Brasil, enam oleh Argentina) dan tiga kartu kuning (semua untuk Brasil). Nicolas Otamendi akhirnya mencetak satu-satunya gol pertandingan pada menit ke-63.

Para pemain Argentina merayakan kemenangan mereka. Brasil kalah dalam kualifikasi Piala Dunia di kandang mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah. Messi dan kawan-kawan memperparah situasi dengan merayakan kemenangan di depan pendukung Brasil.

Tensi tinggi memang telah terjadi sebelum pertandingan, sejumlah pendukung terlihat memanjat pagar untuk menyelamatkan diri dari kerusuhan di tribun, sejumlah ibu terlihat melindungi anak-anak kecil mereka. Para pendukung lainnya terlihat menangis setelah kerusuhan  tersebut akhirnya mereda.

Saat pertandingan dimulai, puluhan polisi mengelilingi pendukung Argentina saat memberi dukungan. Polisi berkumpul di depan tribun dengan kapasitas 3000 penonton. Seluruh 69.000 tiket untuk pertandingan di Rio de Janeiro terjual habis. Pendukung Brasil, terus melontarkan nyanyian ejekan dan provokasi kepada Timnas Argentina terutama kepada Lionel Messi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat