kievskiy.org

Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium, Saksi Sejarah Timnas Indonesia ke Babak Gugur Piala Asia Senior dan Junior

Abdullah bin Khalifa Stadium, saksi bisu Timnas Indonesia di level Asia.
Abdullah bin Khalifa Stadium, saksi bisu Timnas Indonesia di level Asia. /AFC

PIKIRAN RAKYAT – Timnas Indonesia memiliki memori indah di salah satu stadion di Qatar, Abdullah bin Khalifa Stadium. Stadion yang berlokasi di Doha Qatar ini menjadi saksi perjuangan skuad Garuda di level Asia baik senior maupun junior.

Abdullah bin Khalifa pada Minggu, 21 April 2024, menjadi saksi Timnas Indonesia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah berhasil lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23. Spesialnya, kelolosan itu diperoleh Indonesia dengan status sebagai tim debutan di turnamen ini.

Pada pertandingan terakhir Grup A, di stadion berkapasitas 9.000 penonton ini penggawa Garuda Muda membuat bangga publik sepak bola Tanah Air dengan menundukkan Yordania 4-1. Empat gol Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Marselino Ferdinan (23’, 70’), Witan Sulaeman (40’), dan Komang Teguh (86’). Sementara Yordania U-23 sempat memperkecil skor lewat gol bunuh diri Justin Hubner (79’).

Dengan hasil itu, Indonesia keluar sebagai runner-up Grup A Piala Asia U-23 sekaligus jadi tim ketujuh yang melaju ke babak perempat final.

Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium

Kemenangan atas Yordania jadi catatan manis ketiga yang diraih Timnas Indonesia saat berlaga di Abdullah bin Khalifa Stadium. Dari tiga pertandingan yang digelar di sana, seluruhnya berakhir dengan kemenangan.

Laga pertandingan Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Tim Australia di Piala Asia U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium.
Laga pertandingan Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Tim Australia di Piala Asia U-23 di Abdullah bin Khalifa Stadium.

Pada matchday kedua kontra Australia, Indonesia menang tipis dengan skor 1-0 lewat gol tandukan Komang Teguh. Kemenangan itu sekaligus membangkitkan mental Rizky Ridho dkk setelah menelan kekalahan menyakitkan dari tuan rumah Qatar di laga pertama.

Tak hanya itu, beberapa bulan lalu di Piala Asia 2023 level senior, Timnas Indonesia juga berhasil mengalahkan Vietnam di fase grup dengan skor 1-0 di Abdullah bin Khalifa Stadium. Gol tunggal Indonesia dalam laga tersebut dicetak Asnawi Mangkualam lewat titik putih.

Kemenangan atas Vietnam sekaligus mengantarkan Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Tim Merah Putih lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat