kievskiy.org

Bagaimana Nasib Timnas Indonesia Jika Kalah Melawan Uzbekistan?

Para pemain Timnas Indonesia.
Para pemain Timnas Indonesia. /PSSI

PIKIRAN RAKYAT - Timnas Indonesia telah mencapai semifinal Piala Asia U23 2024 setelah mengalahkan Korea Selatan. Saat ini, Skuad Garuda hanya memerlukan satu kemenangan lagi melawan Uzbekistan untuk melaju ke Olimpiade Paris 2024. Namun, bagaimana jika Timnas Indonesia kalah melawan Uzbekistan?

Indonesia semakin mendekati partisipasi di Olimpiade Paris 2024. Terakhir kali Indonesia berkompetisi dalam ajang tersebut adalah 68 tahun yang lalu, pada Olimpiade Melbourne 1956. Hanya tiga tim terbaik dari Piala Asia U23 yang dapat berlomba di Olimpiade Paris 2024.

Jika Indonesia berhasil mengalahkan Uzbekistan di babak semifinal pada Senin, 29 April 2024, mereka akan otomatis lolos ke Olimpiade, mengingat kemungkinan terburuknya adalah kalah di final dan mendapat peringkat dua.

"Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi," kata Anton, seorang pengamat sepak bola kepada BBC News Indonesia.

Jika kalah di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan tim yang kalah di pertandingan Irak vs Jepang untuk memperebutkan tempat ketiga. Jika masih kalah di perebutan tempat ketiga, harapan Indonesia belum berakhir.

Peringkat empat dari Piala Asia U23 akan bertarung dengan tim U23 Guinea, perwakilan dari Afrika, untuk mendapat slot di Olimpiade.

"Namun, katakanlah Indonesia sampai gagal ke Olimpiade, ini bukan hal yang buruk sebetulnya. Ini sudah pencapaian yang luar biasa bisa sampai ke semifinal," tuturnya.

Pencapaian Bersejarah

Indonesia berhasil mencatat beberapa prestasi bersejarah selama perjalanannya di Qatar. Ini adalah kali pertama Indonesia berpartisipasi dalam putaran final Piala Asia U23.

Perlu dicatat, Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tiga tim sepak bola Indonesia, yaitu tim U-20, tim U23, dan tim senior, lolos ke Piala Asia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat