kievskiy.org

Mbappe Melempem, Timnas Prancis Menang Karena Gol Bunuh Diri Austria

Gol tunggal kemenangan Timnas Prancis tercipta melalui gol bunuh diri pemain Austria, Maximilian Wober pada menit ke-38. Selengkapnya.
Gol tunggal kemenangan Timnas Prancis tercipta melalui gol bunuh diri pemain Austria, Maximilian Wober pada menit ke-38. Selengkapnya. /Reuters

PIKIRAN RAKYAT - Timnas Prancis berhasil mengawali Euro 2024 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Austria di Esprit Arena, Düsseldorf, pada Selasa dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Les Bleus tercipta melalui gol bunuh diri pemain Austria, Maximilian Wober, pada menit ke-38.

Austria menerapkan pressing ketat yang menyulitkan Prancis dalam 30 menit pertama. Tekanan tinggi dari Marcel Sabitzer dan rekan-rekannya hingga area kotak penalti membuat Prancis kesulitan melakukan build-up serangan.

Sebagai akibatnya, Les Bleus sering terpaksa melakukan umpan lambung yang mudah diantisipasi oleh pemain-pemain Austria. Meski begitu, skuad Didier Deschamps beberapa kali mampu melancarkan serangan balik cepat. Salah satu peluang terbaik terjadi ketika kerja sama antara Theo Hernandez dan Adrien Rabiot membuka ruang bagi Kylian Mbappe di awal pertandingan. Namun, tembakan Mbappe dari sisi kanan berhasil ditepis oleh kiper Austria, Patrick Pentz.

Austria memanfaatkan kesulitan Prancis dengan melancarkan serangan ke gawang Mike Maignan. Pada menit ke-35, Austria hampir saja mencetak gol melalui kerja sama antara Sabitzer dan Christoph Baumgartner, tetapi Maignan berhasil menggagalkan peluang tersebut.

Tiga menit berselang, Prancis menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu tim unggulan di Euro 2024. Umpan tarik Mbappe dari sisi kiri pertahanan Austria menyebabkan Maximilian Wober membuat kesalahan fatal dengan menanduk bola ke gawang sendiri, membawa Prancis unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Prancis hampir menambah keunggulan. Pada menit ke-55, Mbappe kembali menciptakan peluang emas setelah memenangi duel sprint dengan bek Austria, namun tendangannya melebar tipis.

Prancis yang sudah menemukan cara mengatasi pressing Austria, terus menekan. Pada menit ke-66, tendangan Jules Kounde masih diblok, dan semenit kemudian, Marcus Thuram juga mengancam gawang Austria meski tendangannya dapat ditepis oleh Pentz.

Hingga akhir pertandingan, kedua tim saling menyerang namun skor tetap 1-0 untuk kemenangan Prancis. Kemenangan ini menempatkan Prancis di posisi kedua Grup D dengan tiga poin, sama dengan Belanda yang berada di puncak klasemen. Kedua tim akan berhadapan di Red Bull Arena, Leipzig, pada Sabtu 22 Juni 2024 pukul 02.00 WIB.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat