kievskiy.org

Pelatih Prancis Ungkap Alasan Kylian Mbappe Melempem di Euro 2024

Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, memberikan perhatian khusus terhadap performa bintang timnya, Kylian Mbappe. Selengkapnya.
Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, memberikan perhatian khusus terhadap performa bintang timnya, Kylian Mbappe. Selengkapnya. /REUTERS/Lisi Niesner

PIKIRAN RAKYAT - Pelatih tim nasional Prancis, Didier Deschamps, memberikan perhatian khusus terhadap performa bintang timnya, Kylian Mbappe, yang hanya mencetak satu gol dalam lima pertandingan Piala Eropa 2024 di Jerman. Gol tunggal Mbappe itu tercipta dari titik penalti saat Prancis bermain imbang 1-1 melawan Polandia dalam fase grup.

Deschamps mengungkapkan bahwa penurunan performa Mbappe sebagian besar disebabkan oleh cedera hidung yang dialaminya saat Prancis menang 1-0 atas Austria di laga pembuka fase grup. Menurut Deschamps, penggunaan masker akibat cedera tersebut membuat Mbappe sulit berakselerasi di lapangan.

"Dia sudah merasakannya. Kylian selalu jujur kepada saya dan tim, dan sampai pada titik di mana dia merasa tidak mampu berakselerasi," ujar Deschamps sebagaimana dilaporkan oleh AFP pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Baca Juga: Koleksi Mobil Kylian Mbappe: Picu Adrenalin dengan Ferrari dan Jalan-Jalan dengan VW Touareg

Selain itu, Deschamps juga menyebut bahwa Mbappe mengalami masalah punggung yang turut mempengaruhi penampilannya. "Dia tidak fit seperti yang dia inginkan, ditambah lagi dia memiliki masalah punggung dan cedera hidung," tambah Deschamps. "Dia tahu, dia tidak dalam performa terbaik dan dengan semua upaya yang dia lakukan, dia sebenarnya sangat lelah."

Meski demikian, Deschamps mengakui bahwa lini depan Prancis kurang tajam sepanjang turnamen ini. Les Bleus hanya mencetak tiga gol selama Piala Eropa 2024. Namun, Deschamps memuji soliditas pertahanan timnya yang hanya kebobolan satu gol selama turnamen.

"Soliditas kami patut dicontoh, dan itu penting dalam sebuah turnamen besar," kata Deschamps. "Ketika tidak mencetak banyak gol, lebih baik Anda tidak kebobolan. Tapi sejujurnya saya lebih suka jika kami bermain tajam."

Mantan gelandang bertahan Juventus dan Chelsea itu menyadari tantangan yang dihadapi timnya di lini depan, namun tetap optimis dengan kemampuan tim secara keseluruhan. Deschamps berharap Mbappe dan pemain lainnya dapat segera kembali ke performa terbaik untuk menghadapi pertandingan berikutnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat