kievskiy.org

Brasil Tersingkir di Copa America, Dorival Junior: Kami Sedang Menjalani Renovasi

Skuad timnas Brasil.
Skuad timnas Brasil. /Reuters/Carl Recine

PIKIRAN RAKYAT - Brasil tersingkir oleh Uruguay dalam pertandingan perempat final Copa America 2024 lewat adu penalti. Setelah kekalahan tersebut, pelatih Brasil, Dorival Junior mengatakan bahwa timnya masih memiliki kesempatan untuk berkembang.

Setelah tersingkir, Selecao akan fokus pada kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada babak kedua, Uruguay bermain dengan 10 pemain namun bisa menahan imbang lawan. Akhirnya, Uruguay menang adu penalti dengan skor 4-2.

Uruguay akan menghadapi Kolombia di semifinal. Dalam babak penyisihan grup, Brasil tampil kurang maksimal karena meraih hasil imbang dua kali dan hanya memenangi satu pertandingan yaitu atas Paraguay.

Brasil tersingkir di perempat final untuk kedua kalinya berturut-turut dari turnamen besar setelah Piala Dunia 2022.

"Kami sedang menjalani renovasi atau yang sangat penting pada tim ini. Saya baru melatih tim ini selama delapan pertandingan dan ini adalah proses yang harus kami lalui," ujar Dorival.

Di sisi lain, ia mengakui bertanggung jawab penuh atas tersingkirnya Brasil Di Copa America.

“Kami sadar akan kesulitan-kesulitan yang akan kami hadapi sepanjang perjalanan ini, namun kami kini kalah dalam satu pertandingan di babak sistem gugur dan itu bukan hal yang kami harapkan,” katanya.

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kendati demikian, Dorival menyatakan bahwa Brasil masih memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang. Fokusnya saat ini pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Saat ini kami berada di peringkat keenam klasemen (CONMEBOL), kami tidak nyaman dengan hal itu,” ucapnya dilansir Pikiran-Rakyat.com dari Reuters pada Minggu, 7 Juli 2024.

Diketahui, Dorival menjadi pelatih Brasil sejak Januari 2024. Dia memuji Uruguay setelah pertandingan ini. Dorival menyebut Brasil sebagai tim yang bisa dicita-citakan setelah ia menanamkan filosofinya di tim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat