kievskiy.org

Mateo Kojican Gelandang Bertahan yang Bisa Jadi Stopper, Tandem Solid untuk Dedi Kusnandar di Persib Bandung

Bojan Hodak ungkap alasan rekrut Mateo Kocijan, bek asal Kroasia itu bisa bermain di berbagai posisi seperti gelandang bertahan dan stopper
Bojan Hodak ungkap alasan rekrut Mateo Kocijan, bek asal Kroasia itu bisa bermain di berbagai posisi seperti gelandang bertahan dan stopper /Persib.co.id

PIKIRAN RAKYAT – Persib Bandung mengumumkan kedatangan pemain anyar pertama di bursa transfer musim ini pada Rabu, 3 Juli 2024. Bek asal Kroasia, Mateo Kocijan, didatangkan untuk menggantikan posisi pemain bertahan yang ditinggalkan Alberto Rodriguez.

Mateo Kocijan didatangkan Persib Bandung untuk memperkuat lini pertahanan bersama dengan Dedi Kusnandar. Namun, hingga hari ini, Mateo belum tiba di Bandung dan bergabung dengan tim karena masih mengurus Kartu Izin Terbatas (KITAS).

Pelatih Persib, Bojan Hodak, mengungkapkan alasan di balik perekrutan Mateo Kocijan. Selain sebagai pengganti Alberto Rodriguez yang meninggalkan klub, Hodak menyebut bahwa Mateo memiliki fleksibilitas untuk bermain di berbagai posisi.

"Dia adalah gelandang bertahan, namun juga bisa bermain sebagai stopper. Jadi, jika ada bek yang cedera, dia bisa menggantikan di posisi tersebut," ujar Hodak setelah memimpin sesi latihan di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Minggu 7 Juli 2024.

Hodak menambahkan bahwa dirinya menginginkan pemain yang bisa bermain di berbagai posisi dan bisa menjadi tandem yang solid untuk Dedi Kusnandar, gelandang bertahan andalan Persib. "Dedi tidak punya pelapis yang memadai saat ini, jadi kami harus memiliki pemain lain di posisi tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Alberto Rodriguez Pilih Hengkang, Nick Kuipers Bangga Berseragam Persib Bandung

Direktur Interim PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Adhitia Putra Herawan, menyebut bahwa kedatangan Mateo Kocijan berdasarkan rekomendasi langsung dari pelatih Bojan Hodak. Mateo sebelumnya pernah bekerja sama dengan asisten Hodak sebelum bergabung dengan Persib.

"Mateo adalah pemain yang bisa bermain di banyak posisi, sesuai kebutuhan tim. Dia bisa bermain sebagai gelandang bertahan maupun sebagai stopper," kata Adhit.

Manajemen Persib pun menyetujui pembelian Mateo Kocijan di bursa transfer pemain musim ini untuk menghadapi Liga 1. "Kami yakin berdasarkan penilaian dan rekomendasi tim pelatih, dia akan menjadi tambahan yang bagus untuk tim," ujar Adhitia.

Mateo Kocijan tidak memiliki klub sepanjang musim 2023/2024 setelah terakhir bermain untuk FK Partizani, klub divisi utama Liga Albania, pada periode Juli 2023 hingga Januari 2024. Selama di FK Partizani, Mateo bermain sebanyak 14 kali dan klub tersebut memenangkan Super Cup Albania. Sayangnya, Mateo tidak masuk dalam daftar pemain utama maupun cadangan di ajang tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat