kievskiy.org

Drama Adu Penalti, Sergio Rochet Jadi Pahlawan Uruguay di Copa America 2024

Kegembiraan skuad Uruguay maju ke babak semifinal Copa America 2024.
Kegembiraan skuad Uruguay maju ke babak semifinal Copa America 2024. /X/@Uruguay

PIKIRAN RAKYAT - Uruguay lolos ke semifinal Copa America 2024 setelah meraih kemenangan atas Brasil dalam drama adu penalti dengan skor 4-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal. Uruguay akan bertemu dengan Kolombia di babak semifinal nanti.

Brasil, yang pemain andalannya, Vinicius Jr tidak bisa bermain akibat skorsing kesulitan menciptakan peluang meski unggul dari segi jumlah pemain di akhir babak kedua. Pemain Uruguay, Nahitan Nandez mendapatkan kartu merah sehingga ia dikeluarkan dari lapangan.

Kiper Uruguay, Sergio Rochet, berhasil menyelamatkan tendangan penalti pertama yang dieksekusi oleh Eder Militao. Selain Militao, Douglas Luiz gagal mengeksekusi penalti karena bola membentur tiang gawang. Kiper Brasil, Alisson Becker juga menepis penalti dari Jose Maria Gimenez dan Gabriel Martinelli.

Tendangan Manuel Ugarte jadi penentu

Manuel Ugarte menjadi penendang penentu Uruguay lolos ke semifinal. Kini, negara tersebut sudah memiliki 15 trofi Copa America.

“Itu adalah pertandingan yang sangat menegangkan, melawan lawan yang sangat tangguh, menderita di menit-menit terakhir karena kekurangan pemain. Namun kami menunjukkan karakter meskipun kami masih muda,” ucapnya.

“Untuk menyelesaikannya dengan penalti dan kemenangan, saya berhasil menyelamatkan satu. Kenyataannya adalah bahwa ini adalah kebahagiaan luar biasa yang pantas diterima oleh skuad ini, dan negara pantas mendapatkannya. Kami sangat bersemangat, jadi kami akan berusaha lebih keras lagi,” katanya.

Pertandingan ini berlangsung sengit dengan total ada 41 pelanggaran dari kedua tim. Para pemain terlibat adu fisik di seberang lapangan. Endrick, penyerang Brasil yang baru berusia 17 tahun dijaga ketat oleh pemain Uruguay. Dia didorong oleh Ronald Araujo hingga terjatuh.

Dorongan Araujo dibalas oleh rekan setimnya di Barcelona, Raphinha, hingga wasit mengeluarkan kata-kata tegas. Araujo kemudian dikeluarkan dari lapangan akibat cedera. Pemain Uruguay, Darwin Nunez, melakukan sundulan jarak dekat namun melambung di atas gawang.

Tiga kali pergantian pemain

Pelatih Uruguay, Marcelo Bielsa, melakukan tiga pergantian pemain pada menit ke-67. Nahitan Nandez mendapatkan kartu merah karena melakukan tekel terhadap Rodrygo. Kendati demikian, Rodrygo bisa melanjutkan pertandingan tanpa cedera serius.

Semula, Nandez mendapatkan kartu kuning namun setelah ditinjau dari VAR berubah menjadi kartu merah sehingga Uruguay bermain dengan 10 pemain selama 20 menit terakhir. Sebelum ini, Brasil tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022 oleh Kroasia lewat adu penalti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat