kievskiy.org

Jadwal Semifinal Euro 2024 10-11 Juli 2024: Spanyol vs Prancis, Belanda vs Inggris

 Jude Bellingham, John Stones dan Cole Palmer dari Inggris merayakan kemenangan dalam adu penalti di perempat final Euro 2024.
Jude Bellingham, John Stones dan Cole Palmer dari Inggris merayakan kemenangan dalam adu penalti di perempat final Euro 2024. /REUTERS/Kai Pfaffenbach

PIKIRAN RAKYAT – Turnamen sepak bola paling bergengsi di benua Eropa, Euro 2024 tinggal menyisakan dua tahap lagi untuk menentukan tim juara. Sebanyak empat negara, Spanyol, Prancis, Belanda, dan Inggris telah memastikan langkahnya untuk bertarung di semifinal Euro 2024.

Spanyol tampil gemilang di perempat final dengan menyingkirkan tuan rumah Jerman di Stadion Mercedes-Benz Arena, Stuttgart. Dalam pertandingan ini, Spanyol menunjukkan sebagai tim favorit juara dengan mental kuat dan serangan yang efektif.

Gol dari Dani Olmo pada menit ke-51 dan Mikel Merino (119) memastikan kemenangan 2-1 atas Jerman. Meskipun Jerman sempat menyamakan kedudukan melalui gol Florian Wirtz (89’) dan diserang habis-habisan, pertahanan Spanyol tetap solid hingga akhir pertandingan.

Pada laga lainnya, Prancis melaju ke semifinal berkat kemenangan dramatis atas Portugal. Melawan  Cristiano Ronaldo dkk di Volksparkstadion, Prancis menyegel kemenangan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama waktu normal dan 2x15 menit tambahan waktu.

Kylian Mbappe dari Prancis beraksi dengan Nuno Mendes dari Portugal
Kylian Mbappe dari Prancis beraksi dengan Nuno Mendes dari Portugal

Ada hal menarik yang dialami Prancis di Euro 2024 kali ini, mereka bisa melangkah ke semifinal dengan hanya mencetak 3 gol saja. Bahkan dua gol di antaranya lahir dari bunuh diri, dan satu gol penalti.

Sementara itu, tim lainnya, Inggris yang bertemu dengan Swiss di perempat final di Esprit Arena memenangkan pertandingan dan lolos ke semifinal lewat adu tendangan penalti. Sebelumnya kedua tim bermain sengit 1-1.

Bukayo Saka mencetak gol penyama kedudukan setelah Swiss sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Breel Embolo pada menit ke-75. Di babak penalti, semua penendang Inggris sukses mengeksekusi tendangan dan menang dengan skor 5-3.

Pada laga terakhir perempat final, Belanda menghentikan tim kuda hitam Euro 2024, Turki dengan skor sengit 2-1. Turki sang tim kuda hitam bahkan sempat unggul lebih dulu lewat gol Samet Akaydin pada menit ke-35.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat