kievskiy.org

Head to Head dan Statistik Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024

Simak ulasan dan analisis head to head serta statistik pertandingan Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024. Selengkapnya.
Simak ulasan dan analisis head to head serta statistik pertandingan Spanyol vs Prancis di Semifinal Euro 2024. Selengkapnya. /Reuters/Wolfgang Rattay

PIKIRAN RAKYAT – Semifinal Euro 2024 akan menyajikan pertandingan seru antara dua raksasa sepak bola, Spanyol dan Prancis, pada Rabu, 10 Juli 2024. Kedua tim akan beradu kekuatan demi memperebutkan tiket ke final Euro 2024. Baik Spanyol maupun Prancis memiliki statistik yang mengesankan dan kekuatan pemain yang patut diperhitungkan.

Spanyol sukses mengalahkan tuan rumah, Jerman, dengan skor 2-1. Kemenangan tipis ini diraih berkat gol Mikel Merino yang memanfaatkan umpan crossing dari Dani Olmo. Sundulan Merino yang mengarah ke sudut gawang tidak mampu dijangkau oleh Manuel Neuer, memastikan kemenangan bagi La Furia Roja.

Di sisi lain, Prancis berhasil melaju ke semifinal setelah menyingkirkan Portugal melalui adu penalti yang dramatis. Hasil akhir 5-3 mengakhiri harapan Ronaldo dan kawan-kawan untuk melangkah lebih jauh. Sebelumnya, kedua tim menunjukkan pertahanan yang solid hingga babak pertama berakhir tanpa gol. Memasuki babak kedua, baik Prancis maupun Portugal belum mampu mencetak gol, meskipun Portugal sempat memiliki peluang emas yang berhasil digagalkan oleh kiper Mike Maignan.

Baca Juga: Prediksi Skor Spanyol vs Prancis Euro 10 Juli 2024: Statistik, Head to Head, Susunan Pemain

Fakta dan Angka Spanyol vs Prancis

  • Kesuksesan di Kejuaraan Eropa: Spanyol adalah salah satu negara paling sukses dalam sejarah Kejuaraan Eropa, dengan tiga gelar juara, sejajar dengan Jerman.
  • Rekor Kemenangan: Spanyol saat ini sedang dalam rentetan tujuh kemenangan berturut-turut.
  • Persentase Kemenangan Terbaik: Sejak awal 2023, Spanyol memiliki persentase kemenangan terbaik dari semua negara Eropa, dengan 15 kemenangan dari 19 pertandingan di bawah pelatih De la Fuente.
  • Penguasaan Bola: Tim Spanyol hanya mencatat penguasaan bola lebih rendah dari lawan mereka dua kali musim panas ini (48% melawan Jerman dan 47% melawan Kroasia). Ini lebih sering terjadi daripada di 44 pertandingan turnamen besar antara Piala Dunia 2006 dan 2022.
  • Gol dari Permainan Terbuka: Tidak ada pemain Prancis yang mencetak gol dari permainan terbuka di Euro 2024.
  • Rekor Head-to-Head: Dari delapan pertandingan head-to-head terakhir antara Spanyol dan Prancis, enam di antaranya setidaknya satu tim menjaga clean sheet.
  • Gol dalam Pertandingan Head-to-Head: Prancis hanya mencetak lebih dari satu gol dalam satu dari delapan pertandingan head-to-head terakhir melawan Spanyol.
  • Deschamps berusaha menjadi orang pertama yang memenangkan Euro dan Piala Dunia FIFA sebagai pemain dan manajer.
  • Clean Sheets: Dari delapan pertemuan terakhir antara Spanyol dan Prancis, enam pertandingan berakhir dengan setidaknya satu tim mencatat clean sheet.

Statistik Spanyol vs Prancis

Dalam membandingkan performa tim nasional Spanyol dan Prancis berdasarkan statistik dari 10 pertandingan terakhir mereka, terlihat sejumlah perbedaan dan kesamaan yang signifikan.

Spanyol menunjukkan dominasi yang kuat dengan mencatatkan 8 kemenangan, 1 hasil imbang, dan hanya 1 kekalahan. Tim ini memiliki rata-rata gol diharapkan per pertandingan (xG For/Match) sebesar 2,17, yang mencerminkan kemampuan mereka untuk menciptakan banyak peluang berbahaya.

Rata-rata gol yang dicetak oleh Spanyol per pertandingan adalah 2,7, sementara mereka hanya kebobolan rata-rata 0,8 gol per pertandingan. Persentase clean sheets mereka mencapai 40%, dan persentase gagal mencetak gol hanya 10%, menandakan efisiensi serangan yang sangat tinggi. Spanyol juga mendominasi penguasaan bola dengan rata-rata 63% per pertandingan, melakukan 16,1 tembakan per pertandingan dengan tingkat konversi tembakan sebesar 17%.

Di sisi lain, Prancis menunjukkan hasil yang lebih bervariasi dengan 4 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 1 kekalahan. Meskipun mereka memiliki xG For/Match sebesar 1,71, yang menunjukkan kemampuan untuk menciptakan peluang, rata-rata gol yang mereka cetak hanya 1,1 per pertandingan.

Prancis kebobolan rata-rata 0,7 gol per pertandingan dan memiliki persentase clean sheets lebih tinggi dibandingkan Spanyol, yaitu 60%. Namun, persentase mereka gagal mencetak gol jauh lebih tinggi, mencapai 40%. Prancis memiliki rata-rata penguasaan bola sebesar 55%, melakukan 13,3 tembakan per pertandingan dengan tingkat konversi tembakan yang lebih rendah dibandingkan Spanyol, yaitu hanya 8%.

Dari analisis ini, terlihat bahwa Spanyol lebih dominan dalam hal mencetak gol dan menciptakan peluang. Mereka lebih efisien dalam mengonversi tembakan menjadi gol dan lebih sering menguasai bola. Sementara itu, Prancis, meskipun lebih solid dalam pertahanan dengan lebih banyak clean sheets, memiliki masalah dalam efisiensi serangan dan sering gagal mencetak gol meskipun memiliki peluang yang cukup baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat