kievskiy.org

Head to Head dan Statistik Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 11 Juli 2024

Simak head to head dan statistik Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 2024 yang digelar di Signal Iduna Park, Dortmund pada 11 Juli 2024.
Simak head to head dan statistik Belanda vs Inggris di Semifinal Euro 2024 yang digelar di Signal Iduna Park, Dortmund pada 11 Juli 2024. /REUTERS/Thilo Schmuelgen

PIKIRAN RAKYAT - Timnas Belanda dan Timnas Inggris akan saling berhadapan dalam laga semifinal Euro 2024. Pertandingan bergengsi ini akan digelar di Signal Iduna Park, Dortmund, dengan kick-off dijadwalkan pada Kamis, 11 Juli 2024, pukul 02:00 WIB.

Kedua tim terakhir bertemu pada semifinal UEFA Nations League di Juni 2019. Dalam pertandingan tersebut, Belanda berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 setelah perpanjangan waktu. Marcus Rashford membawa Inggris unggul terlebih dahulu lewat penalti pada menit ke-32, namun Belanda menyamakan kedudukan melalui sundulan Matthijs de Ligt pada menit ke-73. Kemenangan Belanda kemudian dipastikan melalui gol bunuh diri Kyle Walker pada menit ke-97 dan gol Quincy Promes pada menit ke-114.

Di turnamen Euro, pertemuan terakhir antara Belanda dan Inggris terjadi pada fase grup Euro 1996, di mana Inggris menjadi tuan rumah. Pada pertandingan tersebut, Inggris mengalahkan Belanda dengan skor telak 4-1. Inggris unggul 4-0 terlebih dahulu dengan dua gol dari Alan Shearer (23-penalti, 57) dan dua gol lagi dari Teddy Sheringham (51, 62). Belanda hanya mampu membalas satu gol hiburan melalui Patrick Kluivert pada menit ke-78.

Pertemuan kali ini di Euro 2024 diprediksi akan menjadi pertandingan yang sangat menarik, mengingat sejarah persaingan kedua tim dan performa mereka sepanjang turnamen.

Fakta dan Angka Belanda vs Inggris

  • Kedua tim bertemu dalam total 24 pertemuan, Belanda mencatatkan 7 kemenangan, Inggris mencatatkan 6 kemenangan, dan ada 9 hasil imbang.
  • Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di semifinal UEFA Nations League dimana Belanda berhasil menang 3-1 setelah perpanjangan waktu akibat kesalahan John Stones dan Ross Barkley
  • Cody Gakpo (Belanda) saat ini bersaing untuk Sepatu Emas Euro 2024 dengan 3 gol
  • Keduanya memiliki rekor adu penalti dimana Inggris mencatatkan 3 kemenangan dalam adu penalti di dua turnamen besar (Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa) sementara Belanda mencatatkan 2 kemenangan dari 8 adu penalti di turnamen besar
  • Belanda hanya kalah sekali dalam 9 laga terakhir melawan Inggris (Menang 4, Seri 4, Kalah 1)
  • Belanda selalu mencetak minimal 2 gol dalam 4 dari 5 laga terakhir melawan Inggris
  • Belanda selalu gagal clean sheet dalam 6 laga terakhir melawan Inggris
  • Belanda selalu kebobolan 1 gol dalam 3 laga terakhir melawan Inggris
  • Belanda Menang 6 kali dan kalah 2 kali dalam 9 laga terakhir (Menang 6, Seri 1, Kalah 2), Belanda juga selalu mencetak minimal 2 gol dalam 7 dari 9 laga terakhir di putaran utama Euro
  • Tak termasuk adu penalti, Inggris cuma kalah 1 kali dalam 23 laga terakhir di putaran utama Euro (Menang 12, Seri 10, Kalah 1)
  • Tak termasuk adu penalti, Inggris tak terkalahkan dalam 12 laga terakhir di putaran utama Euro (Menang 7, Seri 5)
  • Inggris selalu kebobolan 1 gol dalam 5 dari 7 laga terakhir di putaran utama Euro
  • Inggris cuma menang 3 kali dalam 10 laga terakhir (Menang 3, Seri 5, Kalah 2), Inggris juga selalu kebobolan 1 gol dalam 4 dari 6 laga terakhir

Statistik Belanda vs Inggris

Berdasarkan statistik performa 10 pertandingan terakhir antara Timnas Belanda dan Timnas Inggris, terdapat beberapa perbedaan dan kesamaan yang dapat dianalisis.

Timnas Belanda menunjukkan performa yang lebih stabil dan impresif dalam 10 pertandingan terakhir dengan memenangkan 7 pertandingan, imbang 1, dan kalah 2. Dengan rata-rata gol yang diharapkan (xG) sebesar 1,73 per pertandingan dan rata-rata gol yang sebenarnya dicetak sebesar 2,8 per pertandingan, Belanda menunjukkan efisiensi serangan yang sangat baik.

Mereka juga memiliki pertahanan yang kuat, dengan hanya kebobolan rata-rata 0,7 gol per pertandingan dan 60% dari pertandingan berakhir dengan clean sheet. Selain itu, Belanda jarang gagal mencetak gol dengan hanya 10% pertandingan tanpa gol. Dalam hal penguasaan bola, Belanda memiliki rata-rata 57% dengan rata-rata 13,6 tembakan per pertandingan dan tingkat konversi tembakan sebesar 21%.

Timnas Inggris, di sisi lain, menunjukkan performa yang lebih beragam dengan 3 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Dengan xG sebesar 1,47 per pertandingan dan rata-rata gol yang sebenarnya dicetak sebesar 1,1 per pertandingan, Inggris menunjukkan kesulitan dalam mencetak gol meskipun memiliki penguasaan bola yang lebih tinggi rata-rata 62%.

Mereka juga memiliki pertahanan yang cukup solid dengan hanya kebobolan rata-rata 0,8 gol per pertandingan, namun hanya mampu mencatatkan clean sheet dalam 30% pertandingan. Inggris juga sering gagal mencetak gol dengan 30% pertandingan tanpa gol. Inggris mencatatkan rata-rata 10,2 tembakan per pertandingan dengan tingkat konversi tembakan sebesar 11%.

Dari analisis ini, dapat disimpulkan bahwa Belanda menunjukkan performa yang lebih kuat dan konsisten baik dalam serangan maupun pertahanan dibandingkan Inggris. Belanda lebih efisien dalam mencetak gol meskipun penguasaan bola mereka sedikit lebih rendah daripada Inggris. Sebaliknya, Inggris menunjukkan tantangan dalam efisiensi serangan dan pertahanan yang kurang solid dibandingkan Belanda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat