kievskiy.org

Piala Presiden 2024 Digelar Mulai 19 Juli di Bandung dengan Diikuti 8 Tim, Ini Daftarnya

Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2022 setelah menang dengan aggregat 1-0 atas Borneo FC.
Arema FC berhasil menjadi juara Piala Presiden 2022 setelah menang dengan aggregat 1-0 atas Borneo FC. /Antara/Sahid Setiawan

PIKIRAN RAKYAT – Turnamen pramusim Piala Presiden akan kembali diselenggarakan oleh PSSI. Kali ini, turnamen pemanasan jelang Liga 1 2024-2025 akan berhadiah lebih besar daripada edisi sebelumnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, turnamen Piala Presiden 2024 akan diselenggarakan mulai Jumat, 19 Juli 2024. Kepastian itu diumumkan Erick usai dirinya menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

“Insya Allah pembukaan (Piala Presiden) itu nanti tanggal 19 di Jawa Barat, di Bandung. Bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini memperbaiki animo masyarakat yang hari ini juga menunggu-nunggu perbaikan yang ada di liga, tentu kita trial secara penuh di turnamen Piala Presiden ini,” ujar Erick, dikutip dari Antara, Kamis, 11 Juli 2024.

Erick juga menyebutkan bahwa juara Piala Presiden akan mendapatkan hadiah sebesar Rp5 miliar. Nominal itu diakui Erick menandakan tingginya kepercayaan sponsor terhadap pengembangan sepak bola di Tanah Air.

Adapun ajang tersebut rencananya tidak akan diikuti oleh semua tim Liga 1, tetapi hanya delapan klub yakni Persis Solo, Borneo FC, Persib Bandung, PSM Makassar, Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, dan Madura United.

Erick turut memaparkan soal beberapa terobosan penting untuk kompetisi BRI Liga 1 2023-2024. Ia menjelaskan mulai musim depan, Liga akan menggunakan teknologi VAR secara penuh dan penambahan kuota pemain asing.

“Sistem VAR akan berjalan penuh, lalu juga di Liga 1 juga ada 8 pemain asing, yang 6 di lapangan, yang 2 menjadi cadangan. Ditambah lagi kewajiban memainkan seluruh pemain tim nasional yang ada di klub masing-masing, dan ditambah lagi juga kita harapkan adanya beberapa wasit asing yang akan memimpin pertandingan,” tutur Erick.

Ajang Piala Presiden 2024 juga bisa dimanfaatkan klub yang berpartisipasi untuk melakukan trail pemain yang direkrutnya di bursa transfer jelang Liga 1 2024-2025 dimulai.

Uang hadiah Rp5 miliar

Sementara itu, Ketua Panitia Piala Presiden, Maruarar Sirait berharap ajang Piala Presiden bisa menjadi model transparansi pengelolaan keuangan olahraga. Ia memastikan ajang turnamen ini tidak akan menggunakan anggaran negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat