kievskiy.org

Tersingkir Gol Menit Akhir, Ronald Koeman Puji Timnas Belanda dan Doakan Inggris Kalahkan Spanyol di Final

Pelatih Belanda Ronald Koeman dan Wout Weghorst tampak putus asa setelah menelan kekalahan 1-2 dari Inggris di semifinal Euro 2024.
Pelatih Belanda Ronald Koeman dan Wout Weghorst tampak putus asa setelah menelan kekalahan 1-2 dari Inggris di semifinal Euro 2024. /REUTERS/Piroschka Van De Wouw

PIKIRAN RAKYAT – Timnas Belanda harus menelan pil pahit setelah gagal melaju ke final Euro 2024 akibat kekalahan 1-2 dari Inggris di Signal Iduna Park, Kamis dini hari WIB. Gol menit akhir Ollie Watkins menghancurkan harapan tim Oranje meraih gelar keduanya di turnamen ini.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman mengaku kecewa dengan hasil pertandingan ini. Ia menyesalkan anak asuhnya kebobolan gol cantik Ollie Watkins pada menit ke-90 tersebut.

Belanda yang sempat unggul cepat lewat gol Xavi Simons, berbalik tertinggal berkat gol penalti Harry Kane. Pertandingan yang tampaknya akan melaju ke babak tambahan waktu itu, berubah saat Ollie Watkins yang tampil sebagai pemain pengganti Harry Kane, menjadi pahlawan kemenangan Inggris setelah mencetak gol lewat tendangan keras hasil umpan pemain pengganti lainnya, Cole Palmer.

“Saya kecewa dengan hasilnya. Pertandingan diawali dengan baik bagi kami dan kami mencetak gol. Setelah itu kami memiliki masalah di lini tengah, membuat pemain-pemain berbahaya seperti (Jude) Bellingham dan (Phil) Foden. Kami membuat beberapa perubahan, kembali memegang kendali, dan pada 20 menit kami merasa akan melaju. Namun kemudian gol, gol yang benar-benar bagus, terjadi pada akhirnya,” kata Ronald Koeman, dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis, 11 Juli 2024.

Meski gagal di Euro 2024, Koeman tetap memuji anak asuhnya. Ia yakin Codi Gakpo dkk memiliki masa depan yang cerah.

“Saya percaya diri untuk masa yang akan datang. Tim ini dapat melakukan lebih dan kami memiliki banyak pemain untuk masuk. Kami bekerja sama dengan baik, membangun ikatan, dan kami semakin dekat dengan final. Saya bangga terhadap tim ini,” tutur Koeman.

Doakan Inggris bungkam Spanyol

Usai disingkirkan Inggris di semifinal, Koeman menilai tim tiga singa itu punya peluang untuk menggagalkan trofi keempat Spanyol di pertandingan final. Menurutnya, meski Spanyol dalam tren terbaiknya, bukan tidak mungkin Inggris bisa menghentikannya.

“Inggris bermain dengan benar-benar baik setelah tertinggal 0-1. Spanyol memainkan sepak bola hebat, dengan para pemain sayap yang menarik dan membangun dari belakang. Namun Inggris berada di final dan, meski Spanyol bermain di level tinggi, mungkin Inggris dapat mengalahkan mereka. Mengapa tidak?” ujar Koeman.

Adapun pertandingan puncak Piala Eropa akan dimainkan di Olympiastadion, Berlin pada MInggu, 14 Juli waktu setempat atau Senin, 15 Juli 2024 pukul 2.00 WIB. Inggris bertekad meraih gelar pertama Euro, sedangkan Spanyol berambisi menjadi tim tersukses di Piala Eropa dengan empat gelar. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat