kievskiy.org

Euro 2024: Federasi Prancis Pastikan Tak Akan Pecat Didier Deschamps, Zidane Batal Ambil Alih

Pelatih Prancis, Didier Deschamps dan Kylian Mbappe.
Pelatih Prancis, Didier Deschamps dan Kylian Mbappe. /REUTERS/Gonzalo Fuentes REUTERS

PIKIRAN RAKYAT – Desakan publik Prancis untuk memecat Didier Deschamps dari nakhoda skuad Les Blues tampaknya tak akan terwujud. Nasib pelatih 55 tahun itu masih diselamatkan Federasi sepak bola Prancis (FFF).

Desakan Deschamps untuk dipecat muncul usai gagal mengeluarkan performa terbaik Prancis yang bertabur pemain bintang di turnamen ini. Prancis juga gagal melaju ke final setelah ditundukkan Spanyol 1-2.

Presiden FFF, Philippe Diallo angkat bicara terkait munculnya desakan tersebut. Dia memastikan bahwa sang pelatih akan tetap bertahan bersama skuad Timnas Prancis dan masih terikat kontrak hingga 2026.

"Deschamps masih terikat kontrak bersama kami dan dia akan melanjutkan misinya di tim ini," kata Diallo, dikutip L'Equipe pada Kamis, 11 Juli 2024.

Diallo menegaskan bahwa Didier Deschamps akan terus menakhodai Prancis. Dia menugaskan sang pelatih untuk membawa Kylian Mbappe dkk lolos ke Piala Dunia 2026.

"Selama Euro 2024, saya telah melihat banyak sikap profesionalisme dan keinginan tim untuk menjadi lebih sempurna. Kami perlu menjaga tim Prancis ini tetap bergerak ke arah yang benar," ujarnya.

Usai Euro 2024, Deschamps juga akan memimpin tim dalam turnamen internasional terdekat, yakni UEFA Nations League yang dimulai pada September 2024 mendatang.

Sementara itu, usai Prancis tersingkir di Euro 2024, Deschamps menegaskan siap bertanggung jawab atas kegagalannya tersebut. Ia enggan mengkambinghitamkan dua bintangnya yang tampil buruk, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann.

"Semuanya menjadi tanggung jawab saya," kata Deschamps kepada wartawan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat