kievskiy.org

Gol Penalti Kontroversial Inggris Bawa Harry Kane Sejajar Alan Shearer dengan 7 Gol di Piala Eropa

Penyerang Inggris, Harry Kane mencetak gol pertama mereka dari titik penalti di laga semifinal Euro 2024 menghadapi Belanda.
Penyerang Inggris, Harry Kane mencetak gol pertama mereka dari titik penalti di laga semifinal Euro 2024 menghadapi Belanda. /REUTERS/Thilo Schmuelgen

PIKIRAN RAKYAT – Kapten tim nasional Inggris, Harry Kane, menyamai catatan legenda sepak bola skuad Three Lions, Alan Shearer dengan tujuh gol di Piala Eropa. Gol tersebut lahir setelah sang pemain mencetak gol penalti yang diwarnai kontroversial dalam kemenangan 2-1 melawan Belanda di semifinal Euro 2024 pada Kamis, 11 Juli 2024 dini hari WIB.

Kane mencetak gol dari titik putih pada menit ke-18 setelah dirinya dilanggar Denzel Dumfries. Penyerang Bayern Munich itu dijatuhkan oleh Dumfries ketika ia menembak ke arah gawang.

Wasit sempat meninjau VAR dalam pelanggaran tersebut. Setelah menerima saran dari VAR, wasit menunjuk titik putih untuk Inggris.

Harry Kane tak menyia-nyiakan peluang emas itu dan berhasil menyamakan kedudukan sebelum Ollie Watkins mencetak gol penentu kemenangan untuk The Three Lions pada menit ke-90. Inggris kemudian melaju ke final menantang Spanyol dalam laga yang dimainkan di Olympiastadion, Berlin pada Senin, 15 Juli 2024.

Pemain 30 tahun tersebut kini mengoleksi tujuh gol di Piala Eropa, menyamai catatan yang sebelumnya dibukukan Alan Shearer. Sebelumnya, Kane sudah melewati catatan gol Michael Owen dan Wayne Rooney saat mencetak gol kelimanya di babak grup saat Inggris ditahan imbang Denmark.

Golnya melawan Denmark itu menjadikannya hanya pemain ke-23 yang mencapai jumlah tersebut dalam sejarah kompetisi Piala Eropa. Catatannya juga menyamai pemain lain seperti Marco van Basten, Robert Lewandowski, dan Zinedine Zidane.

Di babak 16 besar, Harry Kane kembali mencetak gol keenam dengan sundulannya saat menyingkirkan Slovakia dengan skor 2-1.

Kane sekarang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Eropa untuk negaranya bersama Shearer, yang bermain dalam sembilan pertandingan di turnamen bergengsi tersebut. Kane bisa melewati catatan Shearer jika bisa menjadi pencetak gol terbanyak ketika The Three Lions menghadapi Spanyol di final Euro 2024.

Daftar pencetak gol terbanyak di Euro 2024

Dikutip dari Sportsmole, selain Harry Kane, berikut daftar 10 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Eropa:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat