kievskiy.org

Kolombia Tantang Argentina di Final Copa America 2024 Setelah Taklukan Uruguay

Kolombia berhasil menaklukan Uruguay dalam laga semifinal Copa America 2024 yang digelar pada 11 Juli 2024, di Stadion Bank of America.
Kolombia berhasil menaklukan Uruguay dalam laga semifinal Copa America 2024 yang digelar pada 11 Juli 2024, di Stadion Bank of America. /Maria Lysaker-USA TODAY Sports USA TODAY Sports via Reuters Con

PIKIRAN RAKYAT – Timnas Uruguay dan Timnas Kolombia bertemu dalam laga semifinal Copa America 2024 yang digelar pada Kamis, 11 Juli 2024, di Stadion Bank of America. Dalam pertandingan sengit tersebut, Kolombia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0 dan melaju ke babak final.

Dengan hasil tersebut, Kolombia akan menantang Argentina di laga final Copa America 2024 pada Senin, 15 Juli 2024 pukul 7.00 WIB di Stadion Hard Rock Amerika Serikat.

Uruguay tampil agresif sejak awal pertandingan, dengan Darwin Nunez menjadi tumpuan di lini depan. Pada menit ke-17, Nunez mendapatkan peluang emas, namun sayang tendangannya masih belum menemui sasaran. Nunez kembali menyia-nyiakan beberapa peluang penting pada menit ke-22 dan 33, yang seharusnya bisa membawa Uruguay unggul.

Kolombia akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-39. Bermula dari sepak sudut yang dieksekusi oleh James Rodriguez, bola disundul dengan sempurna oleh Jefferson Lerma, mencetak gol yang membawa Kolombia unggul 1-0. Gol ini merupakan assist keenam James Rodriguez di turnamen ini.

Meskipun Uruguay lebih dominan dalam penguasaan bola dengan 62% dibandingkan Kolombia yang hanya 38%, namun efektivitas serangan mereka masih kurang optimal. Statistik menunjukkan expected goals (xG) Uruguay hanya 0,76, jauh lebih rendah dibandingkan Kolombia yang mencapai 1,18.

Pada babak kedua, Uruguay terus menekan dan berusaha mencetak gol penyeimbang. Kolombia yang bermain dengan strategi bertahan lebih banyak mengandalkan serangan balik melalui Luis Diaz. Pada menit ke-66, Darwin Nunez kembali mendapatkan peluang, namun lagi-lagi gagal dimanfaatkan dengan baik.

Upaya Uruguay untuk mengubah keadaan dengan memasukkan Luis Suarez pada menit ke-71 hampir membuahkan hasil. Suarez nyaris mencetak gol, namun tendangannya hanya mengenai tiang gawang. Serangan-serangan dari Uruguay terus menemui jalan buntu, seperti tendangan Fede Valverde yang melebar dan sepakan Arrascaeta yang melambung tinggi.

Kolombia hampir menambah keunggulan pada menit ke-90+4 melalui Mateus Uribe yang mendapatkan peluang emas. Namun, tendangan Uribe hanya mengenai mistar gawang. Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Kolombia, yang memastikan mereka melaju ke final Copa America 2024 untuk menghadapi Argentina.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat