kievskiy.org

PSSI Akan Naturalisasi 3 Pemain Muda untuk Timnas Indonesia, Ada Nama Mauresmo Hinoke

Mauresmo Hinoke saat membela Timnas Indonesia U20 di turnamen Toulon Cup 2024.
Mauresmo Hinoke saat membela Timnas Indonesia U20 di turnamen Toulon Cup 2024. /PSSI

PIKIRAN RAKYAT – PSSI berencana menaturalisasi tiga pemain diaspora yang diproyeksikan untuk memperkuat Timnas Indonesia U20. Ketiga pemain tersebut sebelumnya sempat membela skuad U20 di Piala Toulon pada Juni 2024.

Manajer Timnas U-17 dan U20, Ahmad Zaki membeberkan sosok tiga pemain tersebut, salah satunya Mauresmo Hinoke. Pemain ini sempat menjadi perhatian usai menunjukkan penampilan cukup menjanjikan di Prancis.

“Yang tiga nama kemarin yang kita, kalau Jens Raven kan sudah masuk, ini di luar ya. Itu ada Tim, kemudian ada Hinoke Mauresmo, dan satu lagi Dion. Itu yang direkomendasikan untuk dihadirkan,” kata Ahmad Zaki di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2024, dikutip dari Antara.

Ketiga pemain tersebut bernama lengkap Tim Henri Victor Geypens, Hinoke Mauresmo Johannes, dan Dion Marks. Tim Geypens berposisi sebagai bek kiri, Dion Markx bek tengah, dan Mauresmo penyerang sayap. Ketiga pemain itu ikut membela tim Garuda Nusantara di Piala Toulon.

Ahmad Zaki menambahkan, para pemain tersebut akan dibiarkan berkarier di luar negeri. PSSI tak akan campur tangan tetapi akan berusaha memberikan status kewarganegaraan baru untuk mereka.

“Perkembangannya biarkan mereka berkarier di Belanda, atau di liga masing-masing, karena itu lebih bagus dan lebih baik untuk mereka,” ucapnya.

Persiapan Kualifikasi Piala Asia U20 2025

Kendati begitu, ketiga pemain tersebut diakui Ahmad Zaki belum dipastikan dapat tampil di kualifikasi Piala Asia U-20 2025, yang akan berlangsung pada 25 sampai 29 September 2024. Pasalnya, persiapan pemberkasan menuju ajang tersebut cukup mepet.

“Nanti kita lihat proses kewarganegaraan Indonesianya seperti apa. Karena ini dikejar waktu, berkasnya harus dilengkapi, segala persyaratan harus dilengkapi,” tutur Ahmad.

Adapun Timnas Indonesia U20 menghuni Grup F pada kualifikasi Piala Asia U20 2025 yang akan dimainkan di Jakarta. Doni Tri Pamungkas dkk tergabung bersama dengan Timor Leste, Maladewa, dan Yaman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat