kievskiy.org

Daftar 4 Fakta Kemenangan Inggris di Semifinal Euro 2024

Penyerang Inggris Harry Kane mencetak gol pertama mereka dari titik penalti di laga semifinal Euro 2024 menghadapi Belanda.
Penyerang Inggris Harry Kane mencetak gol pertama mereka dari titik penalti di laga semifinal Euro 2024 menghadapi Belanda. /Reuters/Thilo Schmuelgen

PIKIRAN RAKYAT - The Three Lions Inggris melaju ke babak final Euro 2024 setelah menyingkirkan Belanda di Signal Iduna Park, Kamis, 11 Juli 2024, dini hari WIB. Kemenangan itu bikin Inggris menantang Spanyol dalam laga final Euro 2024 di Stadion Olimpiade, Berlin, Senin, 15 Juli 2024, pukul 2.00 WIB.

Pada laga semifinal Euro 2024, Inggris kecolongan lebih dulu. Xavi Simons merobek jala The Three Lions pada menit ke-7. Kepiawaian Gareth Southgate meramu strategi bikin Inggris membalikkan keadaan lewat gol Harry Kane (18') dan Ollie Watkins (90').

Southgate melakukan perubahan taktik yang gemilang. Dia memasukkan Ollie Watkins menggantikan Harry Kane pada menit ke-81. Ollie Watkins menjadi penentu kemenangan The Three Lions usai memaksimalkan umpan dari Cole Palmer.

Terdapat empat fakta di balik melajunya Inggris ke babak final Euro 2024, salah satunya adalah pergantian pemain yang menjadi kunci kemenangan The Three Lions.

Daftar 4 fakta kemenangan Inggris di semifinal Euro 2024

Para pemain timnas Inggris.
Para pemain timnas Inggris.

  1. Adaptasi panjang The Three Lions

Inggris tertinggal terlebih dahulu dari Belanda, seusai Xavi Simons mencatatkan namanya sebagai penjebol gawang Jordan Pickford. Namun, The Three Lions menyamakan kedudukan melalui gol yang dilesakkan Harry Kane lewat titik putih.

"Kami bermain begitu baik. Ini merupakan pertandingan yang rumit dan kami harus terus berubah, khususnya dengan cara kami bertahan. Kami harus beradaptasi sepanjang waktu dan para pemain melakukan begitu banyak keputusan bagus," kata Southgate. "Ini adalah akhir yang istimewa bagi para pemain dan penghargaan untuk apa yang telah mereka berikan."

  1. Harry Kane diganti Ollie Watkins

Pergantian lini depan The Three Lions oleh Southgate membuahkan hasil. Sebagai pemain pengganti, Ollie Watkins berhasil menunjukkan kualitasnya. Dia membobol Belanda pada menit akhir, sebelum peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua bunyi.

"Hal terpenting adalah segenap anggota skuad siap untuk bermain. Kami merasa, dengan mempertimbangkan energi, kami mulai sedikit kehilangan tekanan, dan Harry agak cedera. Ollie dapat menekan dan berlari ke belakang (pertahanan Belanda). Kami merasa inilah saat yang tepat untuk mencobanya. Saya sampai kehabisan napas untuk melihat Ollie mendapatkan momennya," kata Gareth Southgate, seperti dilaporkan UEFA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat