kievskiy.org

Reksa Dana Syariah Pertama Meluncur di Indonesia, Apa Keunggulannya?

PRESIDEN Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro meluncurkan reksadana Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI), reksadana syariah pertama di Indonesia di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 11 Mei 2017.*
PRESIDEN Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro meluncurkan reksadana Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI), reksadana syariah pertama di Indonesia di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 11 Mei 2017.*

SEMARANG, (PR).- Reksa dana syariah pertama yang membagikan dividen di Indonesia telah meluncur, Kamis, 11 Mei 2017. Apa keunggulannya dibandingkan reksa dana konvensional?

Reksa dana syariah memiliki ingkat risiko yang relatif rendah, disebabkan sukuk dengan tenor yang pendek sehingga volatilitasnya pun rendah.

Reksa dana syariah pertama itu diluncurkan PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Kamis, 11 Mei 2017. Dengan produk reksa dana Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI).

"Reksa dana syariah dapat menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan dana simpanannya sesuai dengan prinsip syariah. Selain menawarkan imbal hasil lebih tinggi dari deposito syariah. Juga membagikan dividen," kata Presiden Direktur MAMI Legowo Kusumonegoro di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Tingkat risiko yang relatif rendah pada reksa dana syariah disebabkan karena pemilihan aset yang diinvestasikan di portofolio reksa dana MSSI adalah sukuk dengan tenor yang pendek sehingga volatilitasnya pun rendah.

“Bagi para investor yang sudah memiliki investasi di reksa dana saham pun dapat memanfaatkan reksa dana MSSI sebagai penyeimbang di saat volatilitas pasar saham sedang tinggi," ucaapnya.

Likuiditas tinggi

Dia menerangkan, reksa dana MSSI mengalokasikan 85% hingga 100% dari aset yang dikelola untuk diinvestasikan di sukuk pemerintah. Begitu juga pada korporasi dan 0% hingga 15% di instrumen pasar uang syariah di bawah 1 tahun. Reksa dana MSSI memiliki likuiditas tinggi sehingga para investor dapat mencairkan dananya setiap hari bursa. 

Menurut dia, reksa  dana MSSI memiliki likuiditas yang tinggi sehingga para investor dapat mencairkan dananya setiap hari bursa. MAMI akan memproses pencairan dana investor daiam 2-3 hari kerja, sebelum dana tersebut diterima di rekening tabungan investor. 

Saat ini, MSSI didistribusikan secara langsung ke masyarakat luas melalui Wealth Specialist MAMI yang telah bersertifikasi dan akan segera didistribusikan melalui mitra distribusi MAMI. Reksa dana MSSI menjadi reksa dana syariah ketiga yang dikeloia oleh MAMI. ***
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat