kievskiy.org

Jadikan Zakat dan Sedekah Pembeda Profesional Muslim

"MAKIN kaya, makin banyak memberi". Pameo yang tepat disematkan pada masyarakat Muslim kelas menengah (middle class Muslim) di Indonesia dewasa ini. Penulis "Marketing to the Middle Class Moslem", Yuswohady, mengutip survei Inventure tahun 2013 yang menyatakan bahwa pengeluaran kelas menengah untuk zakat dan sedekah mencapai 5,4% dari total pengeluaran.

Menurut dia, potensi filantropi dari Muslim kalangan menengah ini terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Apalagi, ini seiring dengan perkembangan ekonomi nasional yang ditopang oleh tumbuhnya kelas menengah Muslim di Indonesia. Mereka bertransformasi menjadi ragam profesional seperti dokter, arsitek, hingga pengusaha Muslim.

"Kenaikan zakat nasional tersebut merupakan suatu wujud nyata kesadaran kelas menengah muslim dalam mengadopsi nilai-nilai agama Islam ke dalam kehidupan nyata bermasyarakat," kata Yuswohady.

Menangkap fenomena pertumbuhan kelas menengah tersebut, Sinergi Foundation melihat inilah yang membedakan karakter seorang profesional Muslim dengan profesional lainnya. Sinergi Foundation adalah lembaga sosial-pemberdayaan berbasis zakat, infak-sedekah, dan wakaf (ziswaf).

"Kampanye 'Jadikan Zakat dan Sedekah Pembedamu', adalah ikhtiar Sinergi Foundation di momentum Ramadan kali ini. Kami merangkul para profesional dan segenap insan peduli untuk memaknai tema Ramadan #BerbagiBersinergi sebagai sebuah energi untuk pencapaian hakiki secara vertikal maupun horizontal," jelas CEO Sinergi Foundation, Ima Rachmalia.

Melalui kampanye "Jadikan Zakat dan Sedekah Pembedamu" yang dibingkai dalam tema #BerbagiBersinergi, sambung Ima, Sinergi Foundation tak hendak menggurui/mengajari segenap kaum untuk peduli.

"Sinergi Foundation sebatas mencoba untuk terus mengajak umat Islam, untuk tak berhenti berbagi manfaat pada sesama. Sekecil apapun itu, maka nilainya sungguh berharga di mata mereka yang membutuhkan. Dan mudah-mudahan di mata Allahu Ta’ala, kelak. Aamiin," ucap Ima.

Ia pun memohon doa sekaligus mengajak segenap insan peduli, untuk kembali menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf, di bulan istimewa ini. Sebuah bentuk dukungan yang diperlukan, demi keberlangsungan program-program Sinergi Foundation yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat lemah.

Inovasi program

Sinergi Foundation sendiri terus berupaya berinovasi di pelbagai bidang program, di antaranya pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan kawasan sosial. Pada Ramadhan kali ini, Sinergi Foundation sebagaimana tema yang diusung merilis alternatif paket program #Berbagi spesial Ramadan dan paket #Bersinergi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat