kievskiy.org

Jangan Khawatir Pangan Aman, Tahun Ini 50 Desa Berdaya Panen Raya

PANEN raya di sejumlah wilayah Indonesia.*
PANEN raya di sejumlah wilayah Indonesia.* /Ai Rika Rachmawati/"PR"

PIKIRAN RAKYAT- Sejumlah Desa Berdaya Binaan Rumah Zakat di Indonesia melakukan panen raya pada periode April-Mei 2020 ini. Sepanjang tahun ini, sedikitnya 50 dari total 235 Desa Berdaya penghasil beras binaan Rumah Zakat akan melakukan panen raya.

Demikian diungkapkan Chief Product Officer Rumah Zakat, Murni Alit, pada Konferensi Pers Panen Raya yang dilakukan melalui Zoom, Kamis, 23 April 2020.

Total, jumlah Desa Berdaya binaan Rumah Zakat mencapai 1.620 desa yang tersebar dari Aceh sampai Papua. "Di tengah pandemi Covid-19 ini ada kabar membahagiakan, yaitu panen raya di sejumlah Desa Berdaya. Insya Allah ini akan berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan," ujarnya.

Baca Juga: Heboh Pemancing Dapat Ikan Tinggal Sepotong, Sisanya Dimakan Hiu Besar

Menurut dia, hasil panen beras setiap Desa Berdaya bervariasi, mulai dari 1,5 ton sampai dengan 180 ton gabah. Jika dirata-ratakan, hasil panen per desa mencapai 5,5 ton gabah.

Menurut Murni, sebagian hasil panen raya tersebut diserap Rumah Zakat, sebagian dijual petani kepada pembeli, dan sebagian lainnya disimpan untuk kemandirian pangan petani binaan. Umumnya, gabah yang disimpan untuk kemandirian pangan petani mencapai 10%-33% hasil panen.

"Kami menyiapkan Rp 1 miliar dana yang bersumber dari dana wakaf untuk membeli gabah hasil panen Petani Berdaya binaan Rumah Zakat," katanya.

Baca Juga: Jadi Tren saat COVID-19, Berikut 5 Cara Terhindar Penipuan Online ala Google

Gabah yang dibeli dari petani tersebut, menurut Murni, akan disimpan di lumbung pangan Rumah Zakat sebagai stok ketahanan pangan. Ia mengatakan, gabah tersebut nantinya akan disalurkan dalam bentuk beras kepada penerima manfaat.

Pada kesempatan tersebut panen raya dilakukan di 3 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat di Pulau Jawa. Ketiga desa tersebut, adalah Desa Berdaya Sragi, Banyuwangi, Jawa Timur, Desa Berdaya Glempang, Banyumas Jawa Tengah dan Desa Berdaya Telukagung, Indramayu, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat