kievskiy.org

Ini Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Mudah dan Efektif

Ilustrasi pinjaman online atau pinjol ilegal.
Ilustrasi pinjaman online atau pinjol ilegal. /Pixabay/Rilsonav

PIKIRAN RAKYAT – Pinjaman online (pinjol) bagai momok dalam kehidupan yang tenang dan damai. Jika seseorang sudah terjerat pinjol, maka potensi untuk terjerat tak hanya di satu pinjol akan lebih besar.

Seseorang yang terjerat pinjol akan terus ditagih oleh perusahaan yang berkaitan. Hal buruknya, seseorang akan diteror jika meminjam di perusahaan pinjol ilegal.

Utang pinjol yang tak segera dilunasi akan menumpuk. Tentunya bunga yang dikenakan akan semakin tinggi dan menyulitkan Anda jika tak segera dilunasi.

Lalu bagaimana cara melunasi utang pinjol? Berikut ini cara melunasi utang pinjol yang menumpuk dengan solusi mudah dan efektif.

Baca Juga: Deretan Diskon Shopee April 2024, Nikmati Cashback Gila-gilaan Sampai 20 Persen

Cara melunasi utang pinjol

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) merekomendasikan cara melunasi utang pinjol yang menumpuk. Ada beberapa langkah untuk terbebas dari jeratan pinjol yang mencekik.

Buat rencana keuangan

Langkah pertama untuk melunasi utang pinjol adalah dengan mengelola segala pendapatan dan pengeluaran Anda. Rencanakan pengeluaran dengan komprehensif dan realistis.

Jika Anda memiliki uang ekstra, Anda bisa memanfaatkannya untuk membayar utang pinjol yang sudah menumpuk. Tak peduli seberapa besar uang ekstra yang Anda miliki, tapi jumlah tersebut bisa menyelamatkan hidup Anda, dan mencegah terlilit pinjol lainnya.

Anda juga harus mulai membuat catatan keuangan yang rapi. Catat penghasilan dan pengeluaran secara rutin tiap minggu atau tidap bulan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat