kievskiy.org

Kurs Nilai Tukar Rupiah ke Dolar AS Hari Ini 13 Mei 2024: Sedikit-Sedikit Mulai Merangkak Naik

Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.
Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. /Antara/Muhammad Adimaja

PIKIRAN RAKYAT - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau mulai menguat. Meski angkanya tidak begitu besar, tetapi perlahan-lahan nilainya semakin kuat.

Pada Minggu 12 Mei 2024, kurs rupiah terhadap dolar AS berada pada angka Rp16.062. Pada hari ini, Senin 13 Mei 2024, kurs rupiah tampak mengalami sedikit kenaikan.

Hari ini, kurs rupiah terhadap dolar AS berada di angka Rp16.045. Sementara untuk kurs jual dan beli, memiliki nilai yang beragam.

Kurs Uang Kertas Asing (UKA) jual dari dolar AS ke rupiah adalah Rp16,554. Sedangkan kurs UKA beli adalah Rp15,554.

Sementara itu, kurs transaksi jual dari dolar AS ke Rupiah sebesar Rp16,134.27. Lalu, kurs transaksi beli sebesar Rp15,973.73.

Cara Menaikkan Nilai Rupiah

Nilai rupiah yang turun menandakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia suboptimal. Lantas, bagaimana cara menaikkan nilai rupiah? Berbagai cara bisa dilakukan secara pribadi untuk berkontribusi pada naiknya nilai rupiah, yakni:

  • Membeli Produk Dalam Negeri

Cara menaikkan nilai rupiah yang pertama adalah dengan berbelanja produk buatan lokal Indonesia. Ketika Anda secara konsisten membatasi membeli produk luar negeri dan mulai berpindah ke hasil karya dalam negeri, hal ini bisa berkontribusi pada penguatan rupiah.

Lagipula, sekarang ada banyak produk lokal yang mampu menyaingi buatan negara luar dalam hal kualitas. Terlebih, harga buatan negara sendiri juga hemat kantong.

  • Tidak menimbun Dolar AS

Beberapa dari Anda berkesempatan mengumpulkan dollar sebagai bentuk diversifikasi portofolio investasi. Untuk membantu meningkatkan rate mata uang Indonesia, Anda bisa menukarkan dolar AS yang berlebih sebagai cara menaikkan nilai rupiah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat