kievskiy.org

Daftar Investasi yang Cocok untuk Pemula, Jangan Sampai Cari Untung Berujung Rugi!

Ilustrasi investasi.
Ilustrasi investasi. /Pixabay/Mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT - Dalam memilih jenis investasi, penting untuk mempertimbangkan kesesuaian dengan tujuan keuangan yang hendak dicapai. Di antara berbagai instrumen investasi yang tersedia, berikut adalah beberapa pilihan yang aman bagi pemula:

1. Deposito

Deposito merupakan investasi yang aman dengan risiko relatif rendah. Investor menempatkan dana dalam jangka waktu tertentu dan menerima bunga sesuai dengan tingkat risiko yang disepakati.

Deposito berjangka tidak dapat diperjualbelikan dan penarikannya terikat pada jangka waktu tertentu, seperti satu bulan, tiga bulan, enam bulan, dua belas bulan, atau satu tahun.

Sertifikat deposito juga merupakan bentuk deposito dengan pembayaran bunga yang umumnya dilakukan di awal.

2. Saham

Saham adalah instrumen investasi di pasar modal yang memberikan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Pemilik saham memiliki hak untuk mendapatkan pembagian keuntungan perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki.

3. Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan dengan jangka waktu tertentu.

Obligasi memberikan pembayaran bunga yang disebut kupon, serta bisa diperjualbelikan di pasar sekunder.

Meskipun relatif aman, obligasi memiliki risiko seperti gagal bayar, kerugian saat menjual sebelum jatuh tempo, dan rentan terhadap perubahan suku bunga serta kondisi ekonomi. Pertimbangkan hal-hal demikian.

4. Reksadana

Reksadana adalah wadah investasi kolektif yang mengumpulkan dana dari investor untuk diinvestasikan ke dalam berbagai produk pasar modal seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat