kievskiy.org

7 Ide Bisnis Online untuk Pemula, Modal Minim namun Menjanjikan

Ilustrasi bisnis online.
Ilustrasi bisnis online. /Freepik

PIKIRAN RAKYAT - Di era digital saat ini, memiliki bisnis online menjadi pilihan menarik, meskipun bagi para pemula yang sangat awam dengan system kerja online.

Dengan modal relatif kecil, berikut adalah tujuh jenis bisnis online di Indonesia untuk pemula, yang baru akan memulai membangun usahanya:

1. Dropshipping

Dropshipping adalah model bisnis di mana Anda menjual produk kepada pelanggan tanpa perlu menyimpan stok barang. Nantinya, akan ada kerja sama dengan supplier atau produsen yang mengirimkan barang langsung kepada pelanggan atas nama kita.

Modal yang diperlukan relatif kecil karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk stok barang.

2. Jasa Freelance

Jasa freelance seperti penulisan konten, desain grafis, penerjemahan, atau pemasaran digital sangat diminati dewasa kini.

Manfaatkan platform online seperti Upwork, Fiverr, atau platform lokal seperti Sribulancer untuk menawarkan jasa kita kepada klien potensial.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah cara mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Kita bisa mendaftar sebagai afiliasi di platform seperti Amazon Associates atau program afiliasi dari e-commerce local seperti Shopee dan Tokopedia.

Akan ada komisi yang masuk setiap kali ada pembelian yang dilakukan melalui link afiliasi kita.

4. Jualan Produk Digital

Produk digital seperti e-book, kursus online, template desain, atau musik adalah pilihan bisnis yang juga tak kalah menjanjikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat