kievskiy.org

Cara Bisnis Online Shop tanpa Modal, Manfaatkan Sumber Daya yang Tersedia

ILUSTRASI bisnis online.
ILUSTRASI bisnis online. /DOK. CANVA

PIKIRAN RAKYAT - Membuka toko online tanpa modal besar memang memerlukan kreativitas dan strategi yang tepat. Dedikasi dan strategi yang baik juga diperlukan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuka online shop tanpa modal besar:

1. Dropshipping

Pilih model bisnis dropshipping di mana kita tidak perlu menyimpan stok barang. Nantinya, melalui kerja sama dengan supplier atau produsen, kita akan mengirimkan barang langsung kepada pelanggan atas nama kita. Fokusnya hanya pada pemasaran dan penjualan.

2. Jual Barang Bekas atau Barang Preloved

Mulailah dengan menjual barang-barang bekas atau preloved yang kita miliki sendiri. Gunakan platform-media sosial seperti Instagram, Facebook, atau marketplace seperti Carousell untuk memulai.

3. Gunakan Platform Gratis

Manfaatkan platform e-commerce yang menyediakan layanan gratis untuk memulai toko online, seperti Tokopedia atau Shopee.

Platform ini biasanya memungkinkan kita untuk memulai tanpa biaya awal dan hanya mengenakan biaya komisi setelah terjadi penjualan.

4. Fokus pada Produk Digital

Jika memiliki keahlian dalam bidang tertentu, seperti desain grafis, penulisan, atau pembuatan konten digital lainnya, mulailah menjual produk digital.

Contohnya bisa sangat beragam, misalnya, e-book, template, font, art, atau kursus online. Produk digital ini tidak memerlukan biaya produksi fisik.

5. Drop Servicing

Serupa dengan dropshipping, drop servicing memungkinkan kita untuk menjual layanan yang ditawarkan oleh orang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat