kievskiy.org

Killa The Phia Akan Tampil di Wacken Open Air Festival 2024, Wakili Indonesia di Kancah Internasional

Killa The Phia, band metalcore asal Aceh saat tampil di Wacken Metal Battle di Bandung pada Minggu, 16 Juni 2024.
Killa The Phia, band metalcore asal Aceh saat tampil di Wacken Metal Battle di Bandung pada Minggu, 16 Juni 2024. /Pikiran Rakyat/Rehza Pratama Eka Nanda

PIKIRAN RAKYAT - Band metalcore asal Aceh, Killa The Phia akan tampil di Wacken Open Air Festival pada 31 Juli hingga 3 Agustus 2024 mendatang di Jerman. Sejak pertama kali digelar, Wacken Open Air selalu diisi oleh para musisi dari berbagai dunia, tak pelak hal ini membuat penampilan Killa The Phia jadi hal yang membanggakan.

Killa The Phia bisa tampil di Wacken Open Air berkat lolos seleksi pada event Wacken Metal Battle di Bandung yang digelar pada Minggu, 16 Juni 2024.

Killa The Phia yang berdiri sejak tahun 2008 itu akan memperkenalkan budaya Indonesia yang berbeda-beda, khususnya budaya Aceh. Killa The Phia pun akan menyiapkan konsep spektakuler untuk tampil di acara festival metal terbesar di dunia.

Killa The Phia jadi band Indonesia kedelapan yang pernah tampil di Wacken Open Air Festival. Sebelumnya ada beberapa band yang juga sudah sukses tampil di acara musik dunia itu.

Partisipasi band metal asal Indonesia di Wacken Open Air melalui program Wacken Metal Battle merupakan yang kelima kalinya sejak tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2022, dan tahun ini.

"Konsep yang akan kami siapkan tentu ada. Kami upayakan (mengenalkan) budaya Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Tidak hanya dari Aceh. Kemudian dari segi musik, dari segi kostum kita. Kita menunjukan perbedaan yang ada di Indonesia, berbeda-beda tapi tetap satu," ujar vokalis Killa The Phia, Madon.

"Prosesnya sekitar beberapa bulan, pengumuman 50 besar, kemudian 10 besar, kemudian kita langsung manggung di sini dan alhamdulillah (juara)," kata Madon kepada Pikiran-Rakyat.com pada Minggu, 16 Juni 2024.

Killa The Phia, band metalcore asal Aceh saat tampil di Wacken Metal Battle di Bandung pada Minggu, 16 Juni 2024.
Killa The Phia, band metalcore asal Aceh saat tampil di Wacken Metal Battle di Bandung pada Minggu, 16 Juni 2024.
Antusiasme yang besar dari peserta Wacken Metal Battle Indonesia yang selalu diikuti oleh ratusan band dari Indonesia, serta konsistensi kualitas pemenang Wacken Metal Battle Indonesia menjadi alasan tersendiri terus diundangnya wakil Indonesia dalam Wacken Open Air.

Melalui partisipasi dalam Wacken Open Air 2022, diharapkan ke depannya musik metal asal Indonesia dapat dikenal lebih luas oleh metalhead di Indonesia maupun di dunia.

Untuk diketahui, Wacken Open Air merupakan salah satu festival metal terbesar di dunia dan salah satu festival musik open air terbesar di Jerman. Festival ini pertama kali diadakan tahun 1990 dan sukses mendatangkan band metal dengan nama besar di setiap penyelenggaraannya. Total pengunjung yang menghadiri festival ini setiap tahunnya selama tiga hari penyelenggaraan mencapai 75.000-85.000 orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat