kievskiy.org

Apa Itu Khodam? Kenali Pengertian Berdasarkan Tradisi Jawa dan Ciri-Ciri Orang yang Memilikinya

Ilustrasi khodam.
Ilustrasi khodam. /Pixabay/TungArt7

PIKIRAN RAKYAT - Viral tren cek khodam dalam berbagai media sosial, seperti Twitter, Instagram, dan TikTok. Seketika, publik bertanya-tanya tentang arti kata khodam dan ciri-ciri orang yang memilikinya.

Secara umum, khodam merupakan istilah dalam tradisi Jawa tentang makhluk halus dengan tugas membantu urusan tertentu dari kehidupan manusia yang dijaganya.

Menurut tradisi itu, khodam sudah berada dalam diri manusia dan bersemayam dalam alam bawah sadar, yang mana dapat sewaktu-waktu dapat membentuk kepribadian dalam diri seseorang tersebut. Meski begitu, khodam memiliki sifat yang mengikuti perintah manusia yang dijaganya.

Manusia yang menguasai ilmu khodam biasanya terjadi setelah berkomunikasi pada khodam yang dimilikinya.

Menariknya, khodam sendiri memiliki bentuk yang beragam, seperti macan putih, macan kumbang, naga, ular, buaya putih, ratu, harimau loreng, nenek tua, singa api, buto ijo, wesi kuning, merah delima, singo barong, keris semar mesem, idu geni sabdo dadi dan berbagai macam jenis lainnya.

Untuk diketahui, seseorang yang memiliki khodam dapat terlihat berbeda dengan orang biasa, sehingga segera simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ciri-ciri orang dengan ilmu itu.

Pola Pikir Berbeda

Cara pertama untuk mengetahui bahwa seseorang memiliki khodam atau tidak, bisa dilakukan lewat pola pemikirannya. Mereka yang memiliki khodam biasanya mempunyai pola pikir lebih dewasa daripada usianya.

Dalam contohnya, anak remaja biasa akan memiliki pola pikir manja dan keras kepala. Namun begitu, mereka yang sudah memiliki khodam, dapat memiliki pemikiran orang dewasa yang lebih bijaksana.

Terlihat Seperti Memiliki Kepekaan Batin

Cara berikutnya menelisik keberadaan khodam dalam diri seseorang, Anda perlu melihat kepekaan batinnya. Mereka dengan khodam bersemayam dalam diri, cenderung mempunyai kepekaan batin yang lebih tinggi daripada usia sebayanya. Salah satunya, kemampuan melihat hal yang tak kasat mata.

Kemampuan Dalam Melihat Masa Lalu

Cara selanjutnya menyadari seseorang memiliki khodam atau tidak, Anda bisa memperhatikan kemmapuannya melihat masa lalu. Sebagaimana diketahui, khodam adalah makhluk yang sudah ada sejak lama, tidak dapat dimusnahkan, dan bisa diturunkan. Alhasil, seorang yang sudah didampingi khodam cenderung memiliki kemampuan melihat masa lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat