kievskiy.org

10 Aplikasi Smartphone Paling Berpengaruh

APALAH artinya gawai (smartphone) tanpa aplikasi yang menunjang kita baik untuk hiburan maupun keperluan sehari-hari. The Guardian, telah merilis sepuluh aplikasi yang paling berpengaruh dalam perkembangan aplikasi gawai hingga sekarang. Sepuluh aplikasi ini telah ditiru, diadopsi, hingga terus dikembangkan dengan sedikit modifikasi oleh pesaingnya. Sepuluh aplikasi ini adalah aplikasi pionir.

1. Maps, 2007

Dulu, belum ada “Google Maps” atau “Apple Maps”, apalagi “Waze”. Aplikasi peta di gawai semula hanyalah Maps, sebuah aplikasi peta yang disematkan di iPhone. Memang banyak sekali aplikasi yang dikembangkan di awal kehadiran Apple yang memiliki pengaruh cukup lama, salah satunya Maps. Pengalaman orang menggunakan Maps, tetap menjadi standar bagi aplikasi peta hingga saat ini. Mulai dari tanda titik biru untuk menandai lokasi kita, kompas yang dapat memandu ke mana anda berjalan. Aplikasi peta pun terus berkembang, mulai dari yang menggunakan satelit, hingga 3D.

Permainan ini dikeluarkan oleh Blizzard, pengembang game yang banyak diminati. Hearthstone merupakan sebuah collectible card game yang mengambil setting di dunia Warcraft. Game online ini dimainkan multiplayer di mana dua orang pemain saling berhadapan satu sama lain dan akan secara bergiliran memainkan kartu dari deck masing-masing untuk mengalahkan lawannya. Namun yang paling penting, game ini pun telah membuat penggemarnya kecanduan untuk terus membeli kartu virtual demi memenangkan pertarungan dengan lawannya. Hal inilah yang memberikan keuntungan secara ekonomis pada pengembang game, dan menjadi inspirasi bagi pengembang lainnya. (Muhammad Fasha Rouf)***  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat