kievskiy.org

Kaum Adam Jangan Sepelekan Kondisi-kondisi Ini

SAAT sakit, laki-laki cenderung malas untuk memeriksakan diri ke dokter.*
SAAT sakit, laki-laki cenderung malas untuk memeriksakan diri ke dokter.*

BAGI sebagian laki-laki, mengunjungi dokter menjadi agenda yang kurang menyenangkan. Penelitian terbaru menunjukkan laki-laki terbilang jarang mengunjungi dokter dibandingkan perempuan. Bila muncul keanehan pada tubuh, mereka cenderung abai atau memilih jalur alternatif untuk sembuh. Padahal, beberapa gejala butuh perhatian medis yang serius. Dilansir dari The Times of India, bila gejala-gejala aneh ini muncul di tubuh Anda, segeralah menghubungi dokter.

1.    Tumbuhnya Buah Dada

Laki-laki pun bisa mengalami pertumbuhan buah dada. Buah dada yang muncul merupakan dampak dari gaya hidup tidak sehat atau bahkan pertanda adanya penyakit di dalam tubuh. Kelebihan berat badan atau mengonsumsi minuman beralkohol menjadi salah satu penyebab mengapa laki-laki memiliki buah dada. Hal ini tentu dapat diatasi dengan mengubah pola hidup Anda. Kurangi berat badan dan konsumsi minuman beralkohol Anda.

Selain gaya hidup, tumbuhnya buah dada dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Pertama, kemungkinan Anda mengalami ginekomastia. Ginekomastia merupakan kelainan produksi  hormon estrogen dan hormon testosteron. Laki-laki dengan ginekomastia didiagnosis memiliki kelebihan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon estrogen bertanggung jawab atas tumbuhnya buah dada seseorang.

Kedua, pertumbuhan buah dada dapat menjadi pertanda adanya gangguan di organ hati Anda. Ketika hati bermasalah, hormon dalam tubuh pun akan mengalami gangguan. Hal ini pun berdampak mengapa ginekomastia terjadi. Sedangkan, untuk laki-laki yang telah memasuki usia senja, pertumbuhan buah dada bisa menjadi pertanda adanya masalah pada testis Anda.

2.    Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Bila Anda terlalu sering membuang air kecil bahkan hingga tidak bisa mengkontrolnya, kemungkinan ada masalah serius dalam prostat Anda. Kondisi ini bisa menjadi pertanda adanya kanker atau pembengkakkan pada prostat.

3.    Testis Membengkak

Pembengkakkan testis memang menjadi hal yang biasa terjadi kepada laki-laki. Akan tetapi, bila pembengkakkan tidak menghilang dalam waktu lama, terasa sakit, dan tidak seperti pembengkakkan yang Anda alami sebelumnya, sebaiknya segera hubungi dokter Anda. Kemungkinan pembengkakkan tersebut menjadi indikasi adanya kanker dalam testis Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat