kievskiy.org

Rio Dewanto Jajal Jadi Dubber

JAKARTA, (PR).- Untuk pertama kalinya aktor Rio Dewanto menjadi dubber (penyulih suara). Kesempatan itu Rio dapatkan saat ditawarkan mengisi suara seekor anjing bernama Max untuk film "The Secret Life of Pets".

Film animasi yang sudah diisi dengan bahasa Indonesia itu akan tayang di HBO pada 25 Juni 2017 pukul 19.00. Selain Rio Dewanto, suara karakter yang lain juga diisi antara lain Nina Tamam, Ferry Salim, Nycta Gina, Aimee Saras, dan Bayu Oktara.

Rio menyebutkan, saat ditawari menjadi dubber dia langsung oke. Padahal, dia lupa dengan karakter Max yang manja. Setelah menonton filmnya lagi, Rio baru sadar, bisa tidak mengeluarkan suara anjing yang manja.

Namun, Rio tak hilang akal. Sebelum rekaman dimulai, dia latihan olah vokal terlebih dulu. Hasilnya, dalam waktu tiga hari rekaman mengisi suara Max bisa mulus dia lalui.

"Kesulitannya karena banyak detail suara yang kecil, misalnya saat Max jatuh, itu kan jatuhnya suara refleks. Jadi saya harus menyesuaikan. Selain itu, saya juga improvisasi naskah, karena ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang sangat berbeda saat jadi bahasa Indonesia. Ekspresi, suara, dan mangapnya harus pas," tutur Rio di Grand Hyatt Jalan MH Thamrin Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.

Latihan olah suara

Aktor kelahiran Jakarta, 28 Agustus 1987 itu mengaku tak kapok menjadi dubber. Dengan mantap dia bilang ingin menjadi dubber lagi jika ada kesempatan.

Bagi Rio, proyek menjadi dubber "The Secret Life of Pets" memberinya peluang untuk kembali berlatih akting, ekspresi, dan olah vokal. Menjadi dubber, kata Rio, membuat dia mengolah suara dan napas lagi.

"Jadi aktor di depan atau belakang layar sama-sama asyik. Kalau ada kesempatan lagi mau jadi dubber untuk film animasi. Kalau bisa film animasi yang dibuat dari nol. Ini kan filmnya sudah ada, saya tinggal men-dubbing-nya," ujar Rio yang akan merilis film "Filosofi Kopi 2" Juli mendatang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat