kievskiy.org

Binatang Ternyata Juga Mengalami Menopause

MANUSIA, yang berjenis kelamin perempuan, biasanya mengalami menopause antara usia 45 dan 55 tahun. Menopause adalah saat mereka mengalami perubahan hormonal, yang menyebabkan siklus menstruasi mereka berhenti.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa kesuburan dan keberhasilan reproduksi hewan juga perlahan menurun seiring bertambahnya usia mereka. Fenomena ini disebut penuaan reproduksi. Tapi sebagian besar masa reproduksi pada hewan masih berlanjut sampai usia tua dan hingga kematian.

Dalam tinjauan spesies primata baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa manusia adalah satu-satunya primata yang tidak mati dalam beberapa tahun setelah masa kesuburannya berhenti. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, banyak penelitian telah mengklaim bahwa menopause, atau 'masa pasca reproduksi', juga terjadi pada berbagai jenis spesies.

Menopause adalah frasa yang biasanya mengacu pada usia reproduksi terakhir. Adapun perubahan ovulasi dan hormon yang berkaitan dengan menopause sulit dilakukan pada populasi binatang.

Namun seperti dilansir Live Science, ternyata menopause juga menjadi hal umum yang terjadi pada ikan, burung, dan sejumlah invertebrata atau hewan tanpa tulang belakang. Hal ini menurut sebuah riset yang diluncurkan pada Juli 2015 jurnal Trends in Ecology & Evolution. 

Dalam pernyataannya jurnal tersebut menggaris bawahi bahwa untuk sebagian besar spesies, hewan tidak hidup lama setelah masa kesuburan mereka berhenti. Dan Menopause pada binatang tampaknya merupakan keadaan yang berkaitan dengan penangkaran, seperti misalnya ikan guppies yang ditangkarkan dalam akuarium. Kondisi ini hanya terjadi pada sejumlah binatang, tidak semua spesies.

Hipotesis nenek 

Namun terdapat sebuah pengecualian. Di antara hewan-hewan vertebrata, dua spesies paus bergigi ternyata hidup lama setelah mereka mengalami menopause.

Paus pembunuh betina bereproduksi antara usia 12 hingga 40 tahun. Namun ia dapat bertahan sampai usia 90 tahun.

Sementara paus bersirip pendek betina bereproduksi antara usia 7 dan 35 tahun. Ia mampu bertahan hidup hingga usia 60 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat