kievskiy.org

Ini Jenis Beras yang Membantu Menurunkan Berat Badan, Simak Tips Diet yang Tepat

Ilustrasi beras.
Ilustrasi beras. /Pixabay/ImageParty

PIKIRAN RAKYAT - Bagi sebagian orang, mengonsums nasi dianggap sebagai penghambat untuk menurunkan berat badan. Namun apakah benar demikian? Artikel ini akan memaparkan beberapa fakta tentang makanan pokok yang dikonsumsi oleh sebagian besar negara di dunia.

Hal pertama yang penting diketahui, nasi bukan makanan tidak sehat atau menggemukan, melainkan sumber karbohidrat dan serat yang diikuti dengan indeks glikemik tinggi. Artinya, makanan ini dicerna sangat cepat untuk membuat penikmatnya merasa lapar lagi dan memilih menambah kalori yang tidak perlu pada hari itu.

Untuk itu, memakan nasi sebenarnya selalu memiliki pro dan kontra, tetapi dalam hal penurunan berat badan tentu ada dua hal yang penting, yakni jenis nasi yang dimakan dan ukuran porsi setiap harinya.

Jadi, jenis nasi apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan? Pakar Manajemen Berat Badan asal Bangalore, India, Shalini Manglani membeberkan bahwa semua jenis nasi memiliki nilai kalori yang sama, mulai dari beras putih, berat cokelat, beras merah, hingga beras hitam, tetapi ukuran porsi yang harus diperhatikan.

Meski Ahli Gizi Dr Rupali Datta setuju dengan pakar sebelumnya, dia mengatakan bahwa konsumsi beras harus mengedepankan varietas beras dengan kandungan serat dan antiodan tinggi yang menjadikan penurunan berat badan lebih baik.

Adapun beberapa jenis beras dan kalori yang dikandungnya tertera sebagai berikut.

  • Beras putih

Beras putih mungkin yang paling tidak sehat, tidak perlu menebak-nebak. Sebagian besar nutrisi, mineral dan serat dihilangkan selama proses industri. Tercatat, 100 gram beras putih mengandung sekitar 150 kalori sesuai aturan USDA.

Sayangnya, beras putih memiliki indeks glikemik tinggi, sehingga penderita diabetes sebaiknya menghindari atau mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

  • Beras cokelat

Inilah beras yang wajib dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Jenis ini penuh dengan serat makanan yang meningkatkan metabolisme dan membantu penurunan berat badan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat