kievskiy.org

Ketahui Tanda-tanda Awal Kehamilan, Mirip Menstruasi Tapi Ada Bedanya

Ilustrasi ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil. /Pixabay/widephish

PIKIRAN RAKYAT - Kehamilan adalah periode yang sangat penting dan penuh perubahan dalam kehidupan seorang wanita. Mengenali tanda-tanda awal kehamilan sangatlah penting untuk memastikan perawatan yang tepat sejak dini.

Setiap wanita mungkin mengalami gejala yang berbeda, namun ada beberapa tanda umum yang bisa menjadi indikasi awal kehamilan.

Artikel ini akan membahas berbagai tanda-tanda kehamilan, perubahan yang terjadi pada tubuh, serta tips untuk mengelola gejala-gejala tersebut.

1. Telat Menstruasi

Tanda pertama dan paling umum dari kehamilan adalah telat menstruasi. Jika siklus menstruasi Anda biasanya teratur, terlambatnya menstruasi bisa menjadi indikasi bahwa Anda hamil. Namun, beberapa wanita bisa saja mengalami pendarahan ringan atau spotting pada awal kehamilan, yang sering kali disalahartikan sebagai menstruasi.

2. Perubahan pada Payudara

Perubahan hormon dalam tubuh selama awal kehamilan dapat menyebabkan payudara menjadi lebih lembut, bengkak, atau terasa sakit. Areola (area di sekitar puting) juga mungkin menjadi lebih gelap. Perubahan ini biasanya mulai terjadi satu hingga dua minggu setelah pembuahan dan bisa berlanjut sepanjang kehamilan.

3. Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Morning sickness, yang sebenarnya bisa terjadi kapan saja sepanjang hari, biasanya dimulai pada minggu keempat hingga keenam kehamilan. Mual dan muntah disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (human chorionic gonadotropin) dan estrogen. Meskipun gejala ini umumnya mereda setelah trimester pertama, beberapa wanita bisa mengalaminya lebih lama.

4. Kelelahan

Kelelahan yang berlebihan adalah tanda umum lain dari awal kehamilan. Tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mendukung perkembangan janin, dan peningkatan kadar hormon progesteron bisa membuat Anda merasa lebih lelah dari biasanya. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu mengatasi kelelahan ini.

5. Sering Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, ginjal bekerja lebih keras untuk memproses cairan tambahan dalam tubuh, yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Hal ini biasanya mulai terjadi sekitar enam hingga delapan minggu setelah pembuahan.

6. Mengidam atau Tidak Suka Terhadap Makanan Tertentu

Mengidam makanan tertentu atau tiba-tiba merasa tidak suka terhadap makanan yang biasanya Anda nikmati adalah tanda lain dari kehamilan. Perubahan hormon dapat mempengaruhi indera perasa dan penciuman Anda, sehingga menyebabkan perubahan selera makan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat