kievskiy.org

Legenda Tangkuban Perahu, Akibat Hubungan Terlarang Ibu dan Anak

Berikut ini adalah Legenda Tangkuban Perahu, di mana menceritakan hubungan terlarang antara seorang ibu dan juga anak.
Berikut ini adalah Legenda Tangkuban Perahu, di mana menceritakan hubungan terlarang antara seorang ibu dan juga anak. /Pikiran Rakyat/Dewiyatini

PIKIRAN RAKYAT - Legenda Tangkuban Perahu menjadi salah satu cerita rakyat yang populer di Indonesia karena ceritanya yang unik.

Tahukah Kamu bahwa Gunung Tangkuban Perahu di Lembang yang banyak kunjungi wisatawan dari banyak pengunjung lokal maupun mancanegara itu memiliki legenda yang cukup menggetirkan?

Jika belum tahu, Kita bisa menyimak bagaimana legenda Tangkuban Perahu di bawah ini.

Baca Juga: Harga Tiket Tangkuban Perahu, Liburan Asyik dengan Pemandangan Menakjubkan

Legenda Tangkuban Perahu

Legenda Tangkuban Perahu ini berawal dari sebuah cerita yang mengisahkan tentang seorang putri Raja bernama Dayang Sumbi yang amat cantik.

Karena kecantikannya, para Raja banyak yang ingin meminangnya hingga terjadi perang. Dayang Sumbi pun memutuskan untuk mengasingkan diri di sebuah hutan di bukit, bersama seekor anjing jantan yang dinamai Si Tumang.

Suatu hari, ketika tengah melakukan hobinya, yakni bertenun, kain yang ia pegang jatuh ke lantai. Dayang Sumbi yang malas beranjak pun melontarkan sebuah janji. Di mana jika ada yang membantunya membawakan kain dengan jenis kelamin laii-laki, ia akan menjadikannya sebagai suami.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Parahu, Mulai dari Rp20.000

Tiba-tiba si Tumang membantu membawakan kainnya. Karena janji yang ia lontarkan, Dayang Sumbi pun menikahi si Tumang dan dikaruniai seorang anak laki-laki yang dinamakan Sangkuriang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat