kievskiy.org

Penelitian Kesehatan Kuda Bantu Atasi Diabetes dan Obesitas pada Manusia

Ilustrasi kuda
Ilustrasi kuda /freepik freepik

PIKIRAN RAKYAT - Jane M Manfredi peneliti kedokteran hewan, ahli bedah kuda, dan spesialis rehabilitasi olahraga, melihat banyak kesamaan antara kuda dan manusia.

Dilansir Popsci, baik kuda maupun manusia yang memiliki gangguan endokrin seperti diabetes tipe 2 bisa mengalami masalah pada otot dan tulang. Misalnya, kuda dengan disfungsi hipofisis pars intermedia (penyakit akibat kekurangan hormon) mirip dengan penyakit Cushing atau kondisi yang terjadi ketika kadar hormon kortisol di dalam tubuh terlalu tinggi pada manusia bisa mengalami kerusakan pada tendon dan ligamen. Ligamen adalah jaringan yang terletak pada tulang-tulang yang menyusun persendian, sedangkan tendon adalah jaringan yang terletak pada setiap ujung otot agar bisa menghubungkan otot dengan tulang. Kuda juga bisa kehilangan otot, yang menyebabkan sendi menjadi tidak stabil. Hal ini, bersamaan dengan peradangan kronis akibat gangguan endokrin, dapat menyebabkan osteoarthritis atau penyakit yang timbul akibat kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi tulang

Ada prinsip dalam kedokteran yang disebut One Health, yang menyatakan bahwa kesehatan hewan, manusia, dan lingkungan saling berkaitan erat agar satu sehat, semuanya harus sehat. Ini berarti kita bisa belajar banyak tentang kesehatan manusia dengan mempelajari kesehatan hewan, begitu juga sebaliknya, termasuk banyak kesamaan dalam gangguan endokrin antara manusia dan kuda.

Sistem endokrin manusia dan kuda

Sistem endokrin Anda menghasilkan hormon yang penting untuk banyak fungsi dasar tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, tidur, dan kesehatan tulang. Gangguan pada sistem endokrin bisa menyebabkan masalah seperti osteoporosis, radang sendi, cedera ligamen, dan penyakit ortopedi lainnya.

Gangguan endokrin tidak hanya mempengaruhi manusia, tetapi juga kuda. Di Amerika Serikat, sekitar 20 persen kuda dan lebih dari 34 persen orang mengalami gangguan endokrin seperti sindrom metabolik, yang sering disertai obesitas.

Hubungan antara gangguan endokrin dan obesitas serta dampak kesehatannya sangat kompleks. Kuda dan manusia memiliki sistem endokrin yang serupa, dan peneliti menemukan hubungan genetik antara obesitas dan penyakit metabolik pada kedua spesies ini.

Seperti manusia, kuda yang obesitas dengan gangguan endokrin sering mengalami peradangan ringan. Meskipun peradangan adalah respons normal terhadap cedera atau penyakit, peradangan kronis tingkat rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti osteoartritis metabolic (gangguan metabolisme seperti obesitas). Laboratorium tempat Jane M Manfredi bekerja, saat ini masih meneliti hubungan ini pada kuda.

Penelitian yang perlu diperhatikan

Karena manusia dan kuda memiliki banyak kesamaan, penelitian tentang diagnostik dan perawatan untuk kondisi metabolik dapat bermanfaat bagi kedua spesies ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat