kievskiy.org

Kinerja Enam Tahun Citarum Harum - News

Terik matahari yang hampir berada tepat diatas kepala tak menggentarkan para tim Guardian Citarum Harum Sektor 6 membersihkan sampah organik dan nonorganik yang menggenang di Oxbow Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Sampah tersebut akan diangkat dan dipilah, untuk sampah organik akan dimanfaatkan sebagai kompos serta pakan magot, sedangkan sampah nonorganik yang memiliki nilai ekonomis akan dibayar pihak ketiga sedangkan yg tidak memiliki nilai ekonomis nantinya akan diolah kembali menjadi barang seperti kursi, meja, batako, dan sebagainya.

Hal itu memang telah menjadi kegiatan rutin Citarum harum, khusus nya di Sektor 6, Program Citarum Harum yang telah berjalan enam tahun itu telah mengubah Sungai yang menjabat predikat sebagai sungai tercemar di dunia pada 2018 menjadi lebih baik. Terbukti adanya peningkatan indeks kualitas Air dari 33,43 menjadi 50,78.

Dalam upaya perbaikan Citarum tersebut diselengarakan diskusi dan edukasi yang melibatkan para pemangku kepentingan baik dari pejabat tingkat pusat dan daerah, akademisi, komunitas, pelajar maupun media pada Selasa (30/4/2024). Selain itu juga hasil diskusi itu akan disampaikan dalam kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat