kievskiy.org

2.000 Mumi Domba Ditemukan di Area Kuil Raja Ramses II Abydos Mesir

Abydos adalah salah satu kota kuno tertua di Mesir Hulu, dan berisi banyak bangunan penting, termasuk Kuil Seti I dan Kuil Ramses II. Sekitar 2.000 mumi kepala domba jantan ditemukan di area ini.
Abydos adalah salah satu kota kuno tertua di Mesir Hulu, dan berisi banyak bangunan penting, termasuk Kuil Seti I dan Kuil Ramses II. Sekitar 2.000 mumi kepala domba jantan ditemukan di area ini. /Dipasok

PIKIRAN RAKYAT - Tim arkeolog Amerika, yang berafiliasi dengan Universitas New York, berhasil menemukan lebih dari 2.000 mumi kepala domba jantan yang berasal dari era Ptolemeus (332 SM - 30 SM). Ribuan mumi tersebut ditemukan di area kuil Raja Ramses II di Abydos, Mesir.

Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir, Mostafa Waziri, mengatakan penememuan itu dianggap penting karena bisa mengungkapkan lebih banyak detail tentang sejarah Kuil Raja Ramses II di Abydos Sohag dan sekitarnya.

Misi tersebut, kata dia, juga menemukan sejumlah mumi hewan di samping kepala domba jantan, termasuk domba betina, anjing, kambing liar, sapi, rusa, dan musang.

Baca Juga: Seleksi Sekolah Kedinasan Dibuka 1 April 2023, Simak Daftar Instansi dan Formasi Lengkapnya

Mereka ditemukan di salah satu ruang penyimpanan yang baru ditemukan di dalam area utara kuil.

Kepala tim arkeolog, Sameh Iskandar, mengatakan mumi kepala domba jantan diperkirakan telah digunakan sebagai persembahan nazar di Abydos selama era Ptolemeus.

Sementara bangunan besar yang ditemukan berasal dari era Dinasti Keenam yang punya ciri khas desain arsitektur yang unik.

Baca Juga: Mantan Komisioner KPK: Ada Pelaku Tindak Pidana Pencucian Uang yang Kerap Tampil di TV

Itu dibedakan dengan tembok besar dan tebal, yang lebarnya sekitar lima meter.

Iskandar mengatakan penelitian bangunan itu akan berkontribusi pada penelitian yang dilakukan tentang aktivitas dan arsitektur Kerajaan Lama di Abydos.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat